Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN Jatiroto 03 Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember

Rofiatul Hasanah, Muhammad Suwignyo Prayogo

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu perencanaan, observasi, tindakan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas V di SDN Jatiroto 03 Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember. Data dikumpulkan menggunakan berbagai teknik, termasuk dokumentasi, observasi, dan tes. Penelitian ini menggambarkan bahwa pembelajaran yang berpusat pada guru memiliki dampak negatif terhadap keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian menggunakan Model Discovery Learning sebagai alternatif. Model ini memungkinkan siswa untuk aktif menggali dan menemukan pengetahuan melalui tindakan penemuan sendiri. Hasil analisis tes menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan klasikal meningkat signifikan, dari 48% pada siklus pertama menjadi 95%. Ini mengindikasikan bahwa penggunaan model pembelajaran penemuan telah meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa Model Discovery Learning dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran, mengatasi masalah yang muncul akibat pendekatan berpusat pada guru


Keywords


Leaning outcomes, discovery learning model

Full Text:

PDF

References


Abdillah, W. (2018). Metode penelitian terpadu sistem informasi: permodelan teoritis, pengukuran dan pengujian statistis. Yogyakarta: Telkom University.

Budiningsih, A. (2005). Model Discovery Learning. Jakarta: Pustaka Mandiri.

Dahlan, M. D. (1990). Model-model Mengajar: Beberapa Alternatif Interaksi Belajar-Mengajar, cetakan kedua, Bandung: CV Diponegoro.

Joyce, B. R., Brown, C. C., & Peck, L. (Eds.). (1981). Flexibility in teaching, an excursion into the nature of teaching and training. Longman Publishing Group.

Jufri, W. (2013). Belajar dan pembelajaran sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 dalam meningkatkan keterampilan, sikap, dan pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389-396.

Kosasih, E. (2014). Strategi belajar dan pembelajaran implementasi kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Kristin, F. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar. Pendidikan dana kebudayaan, 6: 84–92.

Sidiq, R., & Lukitoyo, P. S. (2021). Model-Model Pembelajaran Abad 21. Medan: Universitas Medan.

Sinambela, L. P. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia: Membangun tim kerja yang solid untuk meningkatkan kinerja. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Memperngaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutikno, R. B. (2015). Sukses Bahagia & Mulia dengan 5 Mutiara Kecerdasan Spiritual. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Trisnawati, R., & Noviati, W. (2018). Pengaruh hands-on activity melalui model pembelajaran SAVI berbasis lingkungan sekolah terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI di SMA negeri 1 moyo utara tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan dan Riset Biologi, 1(1), 24-28.

Wanardi, S. & Muchlidawati. (1997). P. P. P. K., & Lingkungan Hidup untuk Guru, S.D. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v4i2.202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.