Pemanfaatan Media VBL (Tracker) Pada Materi GLB Melalui Model Inquiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA Kelas XI

M Subhan, Lis Suswati, Fitri Aryanti, Eka Rahmawati, F Fatimah

Abstract


Telah dilakukan penelitian pemanfaatan media VBL pada Software Tracker pada materi GLB melalui model Inquiri terbimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengarun terhadap pemahaman konsep fisika pada siswa SMA kelas XI. Metode yang digunakan adalah jenis Quasi Eksperimen dengan desain posttes only group desain. Data dianalisis secara kuantitaif menggunakan microsof excel® pada menu data analis dengan t-test Two-Sample Assuming Equal Variances atau uji-t kamparatif dua sampel independen. Hasil penelitian yang diperoleh dari posttest kelas ekperimen didapat nilai maximal 90,3 dengan persentase 83,3 % siswa dan nilai minimum 40 dengan persentase 16,7 % dari jumlah siswa perkelas 30 orang, adapun nilai rata-rata diperoleh 67,3.Adapun hasil uji hiposesis diperoleh  t-hitung = 2,99414 sedangkan nilai t-tabel kritikal two-tail  pada taraf signifikan 0,05 = 2,001717 sehingga dapat disimpulkan dari penelitian ini terdapat pengaruh media VBL (tracker) melui model inquiri terbimbing terhadap pemahaman konsep fisika siswa SMA kelas XI

Keywords


Media VBL (Tracker), Inquiri Terbimbing & Pemahaman Konsep Fisika

Full Text:

PDF

References


Ali, M., & Asrori, M. (2014). Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan (Cet.1 ed.). (Suryani, Ed.) Jakarta: Bumi Aksara.

Abriani, A., & Nursalam, N. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Fisika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Evidence Based Learning Dalam Pelaksanaan Guided Inquiry. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 40-43.

Putry, H. M. E., Nuzulul'Adila, V., Sholeha, R., & Hilmi, D. (2020). Video Based Learning Sebagai Tren Media Pembelajaran Di Era 4.0. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(1), 1-24.

Subhan, M., Fat, F., & Almaidah, N. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran LoggerPro Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Osilasi Sederhana pada Siswa Kelas XI. GRAVITY EDU (JURNAL PENDIDIKAN FISIKA), 2(2), 9-11.

Riyadi, A., Gunawan , & Ardhuba, J. (2015, April). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, I(II), 87-91.

Komariyah, L., & Syam, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Saintifika, 18(1).50-63

______https://binus.ac.id/knowledge/2019/09/manfaat-video-based-learning-dan-tips-untuk-membuatnya/ (diakses Desember 2019)

_____https://physlets.org/tracker/ (diakase 28 Januari 2020)




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v1i02.19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.