Penerapan Metode Two Stay Two Stray dalam Menigkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA1 SMAN 1 Belo Tahun Pelajaran 2022/2023

Siti Jaitun, Nurfathurrahmah Nurfathurrahmah

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan metode  two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa XII IPA1 SMAN 1 Belo Tahun Pelajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil  analisis data ketuntasan belajar diperoleh pada siklus I 23 siswa yang mencapai ketuntasan individual dengan 82% ketuntasan klasikal, menunjukkan secara ketuntasan klasikal belum dinyatakan tuntas sesuai standar ketuntasan ≥ 85% dari jumlah siswa yang tuntas secara individual sedangkan pada siklus II mengalami penigkatan yaitu 25 siswa tuntas individual dengan ketuntasan klasikal 89% maka dinyatakan tuntas secara klasikal. Dalam penelitian yang telah di lakukan dapat disimpulkan penerapan metode Two Stay Two Stray meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPA1 SMAN 1 Belo tahun pelajaran 2022/2023.


Keywords


Metode two stay two stray, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, D. (2011). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sekaran 01 Semarang (Inproving Social Instructional Quality By Cooperative Model, Course Review Horay Type At Fourth SDN. Jurnal Kreatif: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 194-205. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/view/1681

Darmawan, W., & Harjono, N. (2020). Efektivitas Problem Based Learning Dan Twostay Two Stray Dalam Pencapaian Hasil Belajar. Jurnal Basicedu, 4(2), 402-411. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/364

Fitriyah, I.N., Purwantoyo, E., & Chasnah. (2012). Efektivitas Kooperatif Two Stay-Two Stray Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Unnes Journal of Biology Education, 1(2), 129-135. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/1147/1113.

Harahap, A., & Siswadi. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Eksponen Kelas X IPA. Jurnal Al Ulum, 10(1), 46-53. https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/alulum/article/view/190

Herman, H., Nurfathurrahmah, N., Ferawati, F., Ariyansyah, A., & Suryani, E. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Literasi Sains Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(4), 3087-3093. DOI: 10.36312/jime.v8i4.4068/http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME

Ginanjar, R.U., Chamdani , M., & Rokhmaniyah. (2016). Penerapan Model Two Stay Two Stray Dengan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Tentang Perkembangan Teknologi Di Kelas IV SDN 3 Kalirejo Tahun Ajaran 2015/2016. ALAM CENDEKIA, 4(4.1), 453 – 459. https://adoc.pub/penerapan-model-two-stay-two strayd8639166d11b458ab2e4e76fcfde50cd55376.html

Irda A.H., & Mansurdin. (2021). Penerapan Model Two Stay Two Stray Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 189-206. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/download/2708/1887/.

Kemdikbud. (2023). Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/

Putri, A.A.A., & Setiani, A. (2018). Model Two Stay Two Stray Sebagai Alternatif Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah. 2(1), 1-6. https://media.neliti.com/media/publications/339270-model-two-stay-two-stray-sebagai-alterna-1e19c676.pdf

Rediarta, I. W., Sudarma, I. K., & Murda, I. N. (2014). Pengaruh Model Kooperatif Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3763

Rhiantini, S., Dede, T.S., & Prana, D.I. (2017). Penerapan metode two Stay Two Stray Dalam Upaya meningkatkan Keterampilan Menulis pada Materi Laporan Pengamatan. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 121-130. https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/9533/pdf_1.

Setyowati, Y. E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Muatan Ipa Dengan Menggunakan Model Two Stay Two Stray Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(1), 54–63. https://www.jurnal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/1271.

Sudarman. (2022). Pembelajaran Abad 21. Blog SMKN 4 Bone. https://www.smkn4bone.sch.id/read/4/pembelajaran-abad-21.

Sutarto & Syarifuddin. (2013). Desain Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Samudra Biru.

Tri, P.A., & siti, S.W. (2021). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Office Administration: Education and Practice, 1(3), 340-350. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/joa




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v4i01.173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.