PENINGKATAN PENGETAHUAN MENGENAI GIZI SEIMBANG PADA SISWA MI MIFTAHUL ULUM JATIROTO SUMBERBARU JEMBER

Rofiatul Hasanah, Muhammad Suwignyo Prayogo

Abstract


Tujuannya untuk meminimalisir masalah gizi dengan memperbaiki gizi  siswa. Menurut survei awal, murid MI MIFTAHUL ULUM belum pernah diberikan pelatihan mengenai keseimbangan gizi dan sejumlah murid masih belum memahami konsep keseimbangan gizi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan murid mengenai keseimbangan gizi sebagai panduan untuk hidup sehat. Metodenya adalah peer training (metode pedagogik), yang diawali dengan pre-test untuk mendapatkan informasi tentang diet seimbang. Penelitian ini dilakukan di Sekolah MI Miftahul Ulum Jatiroto Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember. Berdasarkan  hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan meningkat dengan rata-rata poin pengetahuan sebesar 55,6 pada siswa pertama dan rata-rata poin pengetahuan sebesar 88,7 pada pengukuran kedua yang merupakan peningkatan pada post-test.


Keywords


Peningkatan Pengetahuan, Siswa, Gizi

Full Text:

PDF

References


Hasdianah, H. R., Siyoto, S., & Peristyowati, Y. (2014). Gizi, pemanfaatan gizi, diet, dan obesitas. Yogyakarta: Nuha Medika, 24-42.

Irine C, Mohammad, Toto S. (2009). “Status Zat Gizi, Asupan Zat Gizi Mikro Dan Zat Gizi Makro.” Gizi Klinik Indonesia 6.

Kementerian Republik Indonesia. (2018). Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Departemen Republik Indonesia.

Kemenkes. (2014). Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta: Kemenkes

Marmi. (2013). Gizi Dalam Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nuryanto, Andriyan Pramono, Niken Puruhita, Siti Fatima Muis. 2014. “Pengaruh Pendidikan Gizi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Gizi Anak Sekolah Dasar.” Gizi Indonesia 3.

Tiha, N. Legi, and R. Walalangi. (2016). “Hubungan Pengetahuan Gizi.” GIZIDO 8.

Rahmy, H. A., Prativa, N., Andrianus, R., & Salma. M.P. 2022. “Edukasi Gizi, Pedoman Gizi Seimbang Dan Isi Piringku.” Edukasi Gizi, Pedoman Gizi Seimbang Dan Isi Piringku Pada Anak Sekola Dasar 3.

Departemen Gizi FKM. (2009). Gizi Dan Kesehatan Masyarakat. Semarang: Raja Grafindo Persada.

Victora, CG, Adair, L., Fall. C., allal, PC, Martorell. R., Richter, LM, (2008). “Maternal And Child Undernutrition Consequences For Adult Health And Human Capital.” GIZIDO 371.




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v4i2.163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.