Manajemen Pemeliharaan Ayam Kampung dan Ayam Potong Pada Masa Pandemik (Covid 19) Di Kota Bima

Nita Rahmaniya, Ikra Ikra

Abstract


Pembangunan peternakan pada era globalisasi di masa pandemik (Covid 19) sangat menurun pemasaukan pupukya karna serba terbatas dan harga pakan sangat mahal, populasi untuk mewujudkan masyarakat yang sehat pada era pandenik ini sangar bagus untuk di terapkan dimasyarakat dengan adaya populasi ayam kampung, ayam kampung sangat bagus untuk di konsumsi, lebih sehat danĀ  produktif peternakan yang tangguh berbasis sumber daya lokal. Penelitian ini bertuan untuk mencari kuntungan dengan penerapan dan sistem menejemn pemeliharaan yang produktif pada masa era pandemik. Metode penelitian ini adalah Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga macam cara yaitu: observasi parsipatif, wawancara tak terstruktur dan studi dokumentasi serta data-data lain, Hasil penelitian Lingungan pelita Kelurahan Jatiwagi Kota Bima. Peternakan ayam KUB ini memiliki satu ketua kelompok dan beberapa tenaga kerja lainnya. Kelompok peternak NS makapori sudah berupaya untuk memanfaatkan sumber daya lokal yang berlimpah seperti jenis hijauan antara lain daun papaya, daun mengkudu, daun bayam, kangkung dan sayuran lain sisa dapur dalam membuat pakan alternatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Factor-Faktor yang mempengaruhi produktifitas dalam membudidayakan ayam KUB antara lain : Kemampuan peternak dalam membudidayakan ayam kub sangat baik, namun dalam pelaksanaanya masih terbentur dengan kondisi sarana dan prasarana yang seadanya

Keywords


Era globalisasi, Populasi, Konsumsi

Full Text:

PDF

References


Amrulllah, F. M., & Robiansyah, S. (2010). Pengaruh Pembagian Kerja dan Wewenang Karyawan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Galangan Balikpapan. Jurnal. Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman.

Elizabeth, R., & Rusdiana, S. (2012). Perbaikan Manajemen Usaha Ayam Kampung Sebagai Salah Satu Sumber Pendapatan Keluarga Petani di Pedesaan. Workshop Nasional Unggas Lokal.

Gaspersz, V. (1998). Manajemen Produktivitas Total: Strategi Peningkatan Produktivitas Bisnis Global.

Pramudyati, Y. S. (2009). Petunjuk Teknis Beternak Ayam Buras. GTZ Merang 27 Budidaya Ayam Kampung Intensif Melalui Program Pengembangan Usaha Inovasi Kampus Reed Pilot Project. Sumatera Selatan: Bekerjasama Dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP)

Sedarmayanti. (2001). Sumber Daya Manusia Dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV. Mondar Maju.

Sartika, T. (2005). Peningkatan Mutu Bibit Ayam Kampung melalui Seleksi dan Pengkajian Penggunaan Penanda Genetik Promotor Pralaktin dalam Mas Market Assiated Selectionuntuk Mempercepat Proses Seleksi. Disertasi. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Muryanto, S., & Yuwono, D. M. (1994). Studi manajemen produksi telur tetas pada pemeliharaan ayam buras di pedesaan. J. Ilmiah Penelitian Ternak Klepu, 2, 1-8.

Ulman, A., Eilers, J. E., & Tillman, N. (1989). Packing and molecular orientation of alkanethiol monolayers on gold surfaces. Langmuir, 5(5), 1147-1152.




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v3i2.153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.