Penggunaan Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Materi Listrik Statis Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar, Keterampilan Inquiri dan Hasil Belajar IPA Siswa SMPN 12 Kendari

Rusnawati Rusnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran atau data empiris dan  mendeskripsikan Aktivitas  belajar IPA, keterampilan inquiri, dan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IX.9SMP Negeri 12 Kendari pada materi pokok listrik statis yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran POE. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX.9 SMP Negeri 12 Kendari dengan jumlah 38 siswa. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes hasil belajar  dan  aktivitas siswa yang diperoleh dari lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa:  1) Aktivitas siswa pada setiap siklus cenderung meningkat, 2) Keterampilan inquiri siswa pada setiap siklus cenderung membaik dan meningkat. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan skor rata-rata keterampilan  inquiri siswa pada siklus I ke siklus II, 3) Hasil belajar IPA kelas IX.9 SMP Negeri 12 Kendari setelah  diajar dengan  menggunakan model pembelajaran  POE  IX.9 pada pokok Listrik Statis mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut ditunjukan oleh persentase ketuntasan hasil belajar IPA pada siklus I secara klasikal sebesar 55,3% dan pada siklus II sebesar 84,2% dan  secara individu dengan  nilai rata-rata  hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 63,68 dan pada siklus II sebesar 80,32.


Keywords


Keterampilan Inquiri; Aktivitas belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain)

Full Text:

PDF

References


Amelia, Nurul Chandra, dkk. (2022). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran POE Berbantuan Game Edukasi Berbasis Aplikasi Educandy di SMPN 25 Pekanbaru. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics. Vol 3 (2).

Arends, R.I. (1997). Classroom Instructional and management. New York: McGraw-Hill Comapny Inc.

Arikunto, (2005). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Budi, Budi, dkk. (2021). Respon Siswa Terhadap Model Pembelajaran Poe Dalam Pembelajaran Ipa Di SD. ORBITA: Journal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol. 7(2).

Fayakun, M. P. Joko. (2015). Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Kontekstual (CTL) Dengan Metodepredict, Observe, Explain Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan Fisika IndonesiaI Vol 11 (1).

Fitrianingsih, Eka, dkk. (2021). Pengarah Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis di SMAN Rawajitu Selatan. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 12 (2).

Jannah, M., (2007). Penerapan Model Pembelajaran Problem possing Pada Mata Pelajaran Fisika Materi pokok Kalor Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Kendari. Skripsi. Kendari: FKIP UNHALU

Memes, W., (2000). Model Pembelajaran Fisika di SMP. Jakarta: Depdiknas

Murtihapsari, dkk. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berfikir Kritis Dasar Siswa. Jurnal Zarah Vol 10(1).

Novanto, Yogi Setya, dkk. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran POE Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Siswa SD. ORBITA: Journal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol. 7(1)

Palmer, D. (1995). The POE in the primary school: An evaluation. Research in Science Education,

Purwanti, (2004). Pengantar Interaksi Belajar Mengajar dan Metodologi Pengajaran. Bandung:Tarsito

Rikmasari, Rima, dkk. (2022). Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas Vol 8 (4)

Ulfa, Noviani, dkk. (2021). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain terhadap Pemahaman Konsep Sains Siswa di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol 5 (3).

Qomariah, Yuyun Nailul. Z. A. Imam Supardi. (2022). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA dengan Metode Library Research. PENDIPA: Journal of Science Education Vol 6 (1).

Salsabila, dkk. (2022). Implementasi Model Pembelajaran POE Di Sekolah Dasar. Dirasatul Ibtidayah Vol 2 (1).

Sudjana N., (1993). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Soetjipto, Budi eko. (2001). Inquiry as a Method of Implementing Active Learning. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 8 (3).

Syaiful Sagala, (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Winkel, W.S. (1983). Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Zebua, Yelismen, dkk. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Predict Observe Explain Berbasis Drill and Practice Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Pemindahan Tanah Mekanis. EDUMASPUL:Jurnal Pendidikan Vol. 5(1).




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v3i2.123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.