PEMBELAJARAN IPA SMP KELAS VII MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM

Nur Laily Rosita, Septi Budi Sartika

Abstract


Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pembelajaran IPA dilaksanakan di kelas VIIA SMP Negeri 2 Tanggulangin Sidoarjo pada masa pandemi COVID-19 dengan menggunakan aplikasi Google Classroom. Indikator pembelajaran IPA terdiri atas tiga unsur berikut: 1) perencanaan pembelajaran; 2) pelaksanaan pembelajaran; dan 3) evaluasi pembelajaran. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis fenomenologi. Subjek penelitian ialah guru kelas VIIA. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Google Classroom yang meliputi, 1) perencanaan pembelajaran dikatakan belum optimal, 2) pelaksanaan pembelajaran dikatakan cukup optimal, dan 3) evaluasi pembelajaran dikatakan belum optimal. Hal ini diduga karena pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Google Classroom dilakukan dari rumah dan beberapa peserta didik tidak memiliki HP/laptop. Penelitian selanjutnya dapat digali lebih dalam lagi tentang penyebab belum optimalnya pembelajaran dengan menggunakan aplikasi dalam konteks pembelajaran jarak jauh.


Keywords


Google Classroom, Pembelajaran IPA, SMP

Full Text:

PDF

References


Afrianti, W. E. (2018). Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Akuntansi (Studi Pada Program Studi Akuntansi Universitas Islam Indonesia).

Alaudin, dkk. (2018). Perencanaan Pembelajaran Kontenporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Deepublish.

Arifin, Z. (2017). Kriteria instrumen dalam suatu penelitian. Jurnal Theorems (the original research of mathematics), 2(1), 28-36.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Eliyarti, E., & Zakirman, Z. (2020). Tinjauan Kontribusi Google Classroom Dalam Mendukung Perkuliahan Kimia Dasar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1).

Gego, M. P. (2018). Penggunaan Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran Siswa Di Smp Kristen Citra Bangsa. Sumber.

Huberman, A. M., Miles, M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. The united states of America: SAGE publications.

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Era Merdeka Belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan 2020, 1(1), 10-15.

Kebudayaan, L. P. M. P. D. Nomor 68 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama. Madrasah Tsanawiyah, 1.

Majid, A. (2011). Perencanaan pembelajaran mengembangkan kompetensi guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mudamayanti, P. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Google Classroom Untuk Mengukur Pencapaian Indikator Terhadap Pembelajaran Matematika Materi Pengolahan Data Kelas V SD Di Tengah Situasi Lockdown Akibat Virus Covid-19. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3).

Mulyana, M., Rainanto, B. H., Astrini, D., & Puspitasari, R. (2020). Persepsi Mahasiswa Atas Penggunaan Aplikasi Perkuliahan Daring Saat Wabah Covid-19. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 4(1), 47-56.

Mulyasa, Encho. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.

Ningrum, Arifah. (2020). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Google Classroom Era Pandemic Covid-19 Materi Tata Surya Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020.

Novita, D., & Hutasuhut, A. R. (2020). Plus minus penggunaan aplikasi aplikasi pembelajaran daring selama pandemi covid 19. Unimed Medan, June, 1-11.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34-42.

Ri, B. K. D., Lt, G. N. I., & Subroto, J. J. G. (2020). Tantangan pelaksanaan kebijakan belajar dari rumah dalam masa darurat Covid-19.

Sabran, S., & Sabara, E. (2019, February). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. In Seminar Nasional LP2M UNM.

Setiyawan, Y. A., Khasanah, E., Desmayanti, A. H., & Sari, D. E. (2021). Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 3(2), 89-97.

Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi Pembelajaran Elektronik dan Tantangan Guru Abad 21. e-Saintika, 2(1), 10-18.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wicaksono, M. D. (2020). Pemanfaatan Google Classroom dalam Strategi Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii. Inspirasi (Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial), 17(1).

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278).

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1).

Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan Abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan dengan Tema “isu-isu strategis pembelajaran MIPA Abad (Vol. 21, No. 10).




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v3i2.122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.