Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP

E Ewisahrani, W Widia, F Fathurrahmaniah, A Arwan, A Haris, Muarif Islamiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VII SMPN 02 Wera menggunakan model Project Based Learning pada materi pemanfaatan sumber energi alternatif. hasil tes pemahaman konsep aspek pengetahuan rata-rata pre-test 57.95 meningkat saat post-test 84.45 dengan n-gain score 0,93. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa perangkat dengan pembelajaran berbasis Project Based Learning layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VII SMPN 02 Wera pada materi pemanfaatan sumber energi alternatif. 

Keywords


Project Based Learning dan Pemahaman konsep

Full Text:

PDF

References


Grant, Michael M. (2002) “Getting A Grip on Project-Based Learning: Theory, Cases and Recommendations”, Meridian A Middle School Computer Technologies Journal, Volume 5, Issue 1, Winter 2002.

Hake, R.R. (1999).“Analyzing Change/Gain Scores”.Woodland Hills. Diakses melalui http://physics.indiana.edu/~sdi/anayzingchange_gain.pdf : tanggal 2 Mei 2004.

Hariatik, (2013). Karakteristik Materi yang Menggunakan Project Based Learning dalam Proses Pembelajaran,Prosiding Seminar Nasional X 6 juli 2013. Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Sebelas Maret.

Knafiyah, S. dan Yulianti, D. (2012).Model Project Based Learning pada Perkuliahan Biologi Lingkungan untuk Mengembangkan Sikap Kepedulian Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika. Indonesia. 9. 35 – 42.

Thiagarajan, S., dan Semmel, MI. (1975).Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children a Sourcebook Bloomington: Center for Innovation on Teaching the Handicaped. Boston: Allyn & Bacon.




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v1i02.11

Refbacks