Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Seni Rupa dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Siswa: A Literature Review

Osy Fatikawati, Zulfitria Zulfitria, Fachri Husaeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara literatur pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran seni rupa dan kompetensi yang dikembangkan selama proses pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan literatur review dengan 4 tahapan utama, yaitu penentuan topik, pencarian sumber bacaan, seleksi sumber bacaan, serta analisis dan penyusunan organisasi tulisan. Sumber bacaan yang dikaji berasal dari google scholar dan berbagai jurnal yang memiliki isi sesuai dengan topik kajian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran seni rupa terdiri atas bentuk smartphone, pemanfaatan aplikasi canva, pengembangan bandicam berbasis power point, pengembangan bahan ajar flippbook, dan pengembangan bandicam berbasis power point. Pemanfaatan teknologi tersebut berdampak pada pengembangan kompetensi siswa, yaitu peningkatan kreativitas dan berpikir kritis, peningkatan kompetensi sosial, dan pengembangan kemandirian siswa. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran seni rupa memiliki kedudukan yang penting dan dapat berdampak pada kompetensi siswa


Keywords


Teknologi, Seni Rupa, Kompetensi Siswa

Full Text:

PDF

References


Amanda, S., Jumadi, J., & Sufyadi, S. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Poster Digital untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas Viii pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 24 Banjarmasin. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 598-607. https://doi.org/10.47467/edui.v4i1.5541

Arwudarachman, D. (2015). Pengembangan media pembelajaran Audio Visual untuk meningkatkan prestasi belajar menggambar bentuk siswa kelas XI (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Assulamy, H., Disma, D. R. I., Sulistiyaningrum, F., Aunurrahman, A., & Warneri, W. (2024). Mata Pelajaran Informatika Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Kesetaraan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4301-4308. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26763

Aulia, A. F., Asbari, M., & Wulandari, S. A. (2024). Kurikukulum Merdeka: Problematik Guru dalam Implementasi Teknologi Informasi pada Proses Pembelajaran. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 65-70. https://doi.org/10.4444/jisma.v3i2.955

Dayanti, Z. R. (2021). Pengembangan bahan ajar elektronik flipbook dalam Pembelajaran Seni Rupa Daerah siswa kelas V di Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(5), 704-711. https://doi.org/10.22460/collase.v4i5.8187

Faiza, M. N., Yani, M. T., & Suprijono, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran IPS Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. Jurnal Basicedu, 6(5), 8686-8694.

Krisnanik, E., Yulistiawan, B. S., Indriana, I. H., & Yuwono, B. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pelestarian Budaya Dan Wujud Bela Negara. Jurnal Bela Negara, 1(2), 83-98.

Latip, A., & Faisal, A. (2021). Upaya peningkatan literasi sains siswa melalui media pembelajaran IPA berbasis komputer. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(1), 444-452. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v15i1.1179

Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi zoom sebagai media pembelajaran online pada mahasiswa saat pandemi covid-19. Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630-1640. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416

Rahmat, S. T. (2015). Pemanfaatan multimedia interaktif berbasis komputer dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 7(2), 196-208. https://doi.org/10.36928/jpkm.v7i2.35

Sarwono, R. (2022). Pengembangan Bandicam Berbasis Power Point Sebagai Media Pembelajaran Seni Rupa PGSD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(1), 69-73. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i1.p69-73

Setiaji, D. (2023). Analisis pembelajaran seni terhadap esensi dan tujuan pendidikan. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1685-1693. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i1.3146

Widiyastuti, E., & Yuliastuti, M. N. (2022). Pemanfaatan Teknologi Smartphone dalam Pembuatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Daring Seni Budaya di Masa Pandemi. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 6(3), 544-552. https://doi.org/10.20961/jdc.v6i3.68125




DOI: https://doi.org/10.56842/infotika.v3i1.290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.