Inovasi Pembelajaran Inklusif Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Mengembangkan Kreativitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SDN Inpres Tente
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi pembelajaran inklusif berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam mengembangkan kreativitas dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SDN Inpres Tente. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah 25 siswa, termasuk siswa berkebutuhan khusus dalam kelas inklusif. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa dari 62,4% pada pra-siklus menjadi 81,6% pada siklus II. Kemampuan pemecahan masalah meningkat dari 58,7% pada pra-siklus menjadi 83,2% pada siklus II. Pembelajaran inklusif berbasis PBL terbukti efektif untuk mendorong keterlibatan siswa, memberikan ruang berpikir kritis, serta mengembangkan kreativitas dalam memecahkan permasalahan nyata. Temuan ini mengimplikasikan bahwa PBL dapat menjadi alternatif model pembelajaran inovatif dalam pendidikan inklusif di sekolah dasar. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan menguji efektivitas PBL pada mata pelajaran lain, mengembangkan modifikasi PBL khusus bagi siswa berkebutuhan khusus, atau melakukan kajian longitudinal untuk menilai keberlanjutan peningkatan kemampuan siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainscow, M. (2020). Promoting Inclusion and Equity in Education: Lessons from International Experiences. Nordic Journal of Studies in Educational Polyci, 6 (1), 7-16. https://doi.org/10.1080/20020317.2020.1729587
Chen, X., & Lee, J. (2020). Enhancing Creativity Through Contextual Problem-Solving in Primary Education. Creativity Research Journal, 32(4), 321–333. https://doi.org/10.1080/10400419.2020.1761234
Craft, A. (2019). Creativity in schools: Tensions and dilemmas. Routledge.
Florian, L., & Beaton, M. (2020). Inclusive pedagogy in practice: Learning from research and classroom experiences. Routledge.
Fitriyani, R. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 12(2), 45–58.
Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran STEAM Berbasis PjBL (Project Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Berpikir Kritis. Journal Of Chemistry And Education (JCAE), X(1), 209–226.
Hmelo-Silver, C. E. (2019). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review, 31(4), 487–511. https://doi.org/10.1007/s10648-019-09465-9
Joyce, B., & Emily Calhoun, (2024). Models of Teaching (Tenth Edition). New York: Taylor & Francis. DOI: 10.4324/9781003455370
Li, Y., Wang, X., & Zhang, L. (2020). Primary Education Quality and Long-Term Student Achievement. Asia Pacific Education Review, 21(2), 215–230. https://doi.org/10.1007/s12564-020-09612-5
Nugroho, A. (2022). Kendala Guru dalam Penerapan Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 55(1), 67–77.
Putri, D. (2022). Penerapan Pendidikan Inklusif untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Berkebutuhan Khusus. Jurnal Inklusi Pendidikan, 3(1), 45–57.
Rahman, F. (2022). Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Problem Based Learning di SD. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 12–24.
Ramadhani, A. (2021). Kreativitas Pedagogik Guru SD dan Partisipasi Siswa. Jurnal Pendidikan Guru, 14(3), 45–59.
Rahayu, S. (2021). Strategi Pembelajaran di Sekolah Dasar: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 101–113.
Savery, J. R. (2019). Overview of Problem-Based Learning: Definitions and Distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 13(1), 1–20. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1648
Suryaningsih, S., Ngabekti, S., & Yusuf, A. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Talking Stick. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah, 5(3), 484–495. http://103.76.50.195/JIKAP/article/view/22836
Suryaningsih, S., Ramdani, N., & Nurwalidainismawati. (2023). Application of the Project Based Learning Model Assisted by Talking Sticks to Improve Students ’ Creative Thinking Abilities in Science Subjects. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9(4), 3340–3347.
Susilawati, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Kreativitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(01), 67–79. https://doi.org/10.17509/pdgia.v17i1.16406
Susanti, Y. Y. S., Hodiyanto, H., & Ardiawan, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Poweroint Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Journal of Educational Integration and Development, 1(4), 224-235.
Suyanto, S. (2020). Penguasaan Strategi Pembelajaran Inovatif oleh Guru SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 23–34.
Trilling, B., & Fadel, C. (2021). 21st century skills: Learning for life in our times (2nd ed.). Jossey-Bass.
UNESCO. (2020). Inclusion and education: All means all. Paris: UNESCO.
Wulandari, D. (2021). Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar melalui Problem Based Learning. Jurnal Kreativitas Pendidikan, 6(1), 15–28.
DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v6i2.832
Refbacks
- There are currently no refbacks.



