Tinjauan Pustaka Efektifivitas Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini merupakan kajian pustaka yang bertujuan untuk menelaah efektivitas penggunaan media audio visual terhadap peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa sekolah dasar. Kajian dilakukan melalui beberapa langkah sistematis, yaitu identifikasi topik, penelusuran literatur dari jurnal nasional terakreditasi, prosiding, dan laporan penelitian dalam lima tahun terakhir, serta seleksi sumber berdasarkan kriteria relevansi dan kelayakan. Data dianalisis menggunakan pendekatan analisis isi untuk menginterpretasi pola temuan dari berbagai studi. Hasil sintesis menunjukkan bahwa media audio visual berperan signifikan dalam memperjelas konsep-konsep abstrak IPA, memadukan unsur suara dan gambar secara simultan, serta meningkatkan keterlibatan siswa selama pembelajaran. Integrasi kedua elemen tersebut membantu siswa memahami fenomena alam secara lebih konkret dan menarik, sehingga berdampak positif terhadap peningkatan hasil belajar. Media audio visual juga terbukti mendukung pencapaian kognitif, menumbuhkan motivasi belajar, dan memperkuat rasa ingin tahu peserta didik. Dengan demikian, media audio visual direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang efektif dan adaptif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aswira, D., Hamid, S., & Rahmaniah, R. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Maccini Sombala 1 Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 4(2), 238-242. https://doi.org/10.35965/bje.v4i2.4462
Dimyati, Z. F. (2024). Pengaruh Media Audio Visual Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 1 Sintang. Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 13-18.
Firdaniati, F., Wahyudi, E., & Supardan, D. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SDN 83 Lebong (Doctoral dissertation, IAIN CURUP).
Hilyana, F. S. (2023). Jurnal basicedu. 7(5), 3027–3034.
Mayer, R. E. (2002). Multimedia learning. In Psychology of learning and motivation (Vol. 41, pp. 85-139). Academic Press.
Safitri, R. L., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Materi Siklus Air pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8746-8753.
Sofiana, R. A., Fajrie, N., & Hilyana, F. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 3027-3034.
Suryani, S., & Samodra, Y. T. J. (2025). Penggunaan Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(4), 1713-1720.
Virgiana, A., & Wasitohadi, W. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Ditinjau Dari Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sdn 1 Gadu Sambong - Blora Semester 2 Tahun 2014/2015. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 100.
Wahyu, D. E., Hartono, H., & Suhari, S. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 444-451. https://doi.org/10.54069/attadrib.v8i2.961
DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v6i2.828
Refbacks
- There are currently no refbacks.



