Penerapan Model Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VI SDN 42 Kota Bima

Agus Haryanto

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneltian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share).  subjek penelitian adalah kelas VI SDN 42 Kota Bima, NTB dengan jumlah siswa 20 orang. Tindakan dilakukan 2 siklus dengan prosedur penelitian; Perencanaan (Plan), Pelaksanaa (Act). Observasi (Observe) & Refleksi (Reflect). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VI SDN 42 Kota Bima. Dengan perbandingan pada siklus I ketuntasan klasikal siswa 50%, meningkat menjadi 85% pada siklus II. Begitupun aktivitas dan respon siswa meningkat, pada siklus I aktivitas siswa 50% dan respon siswa 80%, meningkat menjadi 87% dan 100% pada siklus II

Keywords


Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) & Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Djamarah, S. B., & Zain, A. (2002). Teaching and learning strategies. Jakarta: Rineka Cipta.

_________. (2006). Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Hazenbos, W. L., Gessner, J. E., Hofhuis, F. M., Kuipers, H., Meyer, D., Heijnen, I. A., ... & Verbeek, J. S. (1996). Impaired IgG-dependent anaphylaxis and Arthus reaction in FcγRIII (CD16) deficient mice. Immunity, 5(2), 181-188.

Mualimin, M., & Cahyadi, R. A. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Spronken-Smith, R., Bullard, J. O., Ray, W., Roberts, C., & Keiffer, A. (2008). Where might sand dunes be on Mars? Engaging students through inquiry-based learning in geography. Journal of Geography in Higher Education, 32(1), 71-86.

Suprijono, Agus. (2010). Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suwandi, S. (2011). Penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi bangun ruang bidang datar siswa kelas VI SDN 03 ampenan semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011 (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).

Widia, W., Sarnita, F., Fathurrahmaniah, F., & Atmaja, J. P. (2020). Penggunaan Strategi Mind Mapping Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2). 467-473.

Widia, W., & Sarnita, F. (2020). Desain Percobaan IPA dengan Bahan Dari Lingkungan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sisiwa. Pendikdas: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(01), 1-5.




DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v2i1.68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.