RELEVANSI KURIKULUM FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN DENGAN KEBUTUHAN SEKOLAH ATAU MADRASAH DI ERA SOCIETY 5.0
Abstract
Era Society 5.0 menuntut dunia pendidikan untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat yang kompleks. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) sebagai pencetak calon guru dituntut memiliki kurikulum yang relevan dengan kebutuhan sekolah atau madrasah di era ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi relevansi kurikulum FTIK dengan kebutuhan sekolah dan madrasah di era Society 5.0, serta memberikan rekomendasi strategis untuk pengembangan kurikulum yang adaptif terhadap perubahan zaman. Metode yang digunakan adalah library research, yaitu kajian kepustakaan yang dilakukan dengan menelaah berbagai sumber literatur, seperti buku, jurnal ilmiah nasional dan internasional yang relevan. Sumber-sumber data diperoleh dari Google scholar rentang tahun terbitan 2017-2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat kesenjangan antara kurikulum FTIK dengan kebutuhan di lapangan, khususnya dalam penguasaan teknologi, inovasi pembelajaran, serta penguatan karakter. Hasil penelitian menunjukkan adanya kesenjangan antara kurikulum FTIK dengan kebutuhan di lapangan, terutama dalam hal penguasaan teknologi, inovasi pembelajaran, dan penguasaan karakter. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar pengembangan kurikulum FTIK yang lebih adaptif dan responsif terhadap tuntutan zaman. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi lebih dalam mengenai implementasi dan evaluasi kurikulum tersebut agar pengembangannya dapat berjalan secara optimal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidah, Aklima, A. R. (2022). Tantangan Guru Sekolah Dasar dalam Menghadapi Era Society 5.0. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.498.
Afifah, N. (2019). Relevansi Kurikulum PGMI Terhadap Capaian Pembelajaran Mahasiswa PGMI IAIN Metro. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 57. https://doi.org/10.29240/jpd.v3i1.863
Ahmad, S. (2016). MENSIKRONKAN KURIKULUM FAK. TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN: TERHADAP REGUKASI / KEBIJAKAN PENDIDIKAN NASIONAL. 1–25.
Ahmad, S., Umirzakova, S., Mujtaba, G., Amin, M. S., & Whangbo, T. (2023). Education 5.0: Requirements, Enabling Technologies, and Future Directions. 113–120. http://arxiv.org/abs/2307.15846
Akhyar, M., Batubara, J., & Deliani, N. (2023). Studi Analisis Kemitraan Orang Tua Dan Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Fikrah : Journal of Islamic Education, 8(1), 1. https://doi.org/10.32507/fikrah.v8i1.2493
Amalia, N. F., & Munif, M. V. M. (2023). Tantangan dan Upaya Pendidikan dalam Menghadapi Era Society 5.0. MAANA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.52166/mjpiaud.v2i1.4741.
Asy’ari, A., & Hamami, T. (2020). Strategi Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 19–34. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.52
Asyari, A. P., Zen, R., & Azzahro, S. (2025). Analisis Relevansi Kurikulum dan Faktor Pendukung Akreditasi di MI Tarbiyatul Arifin Kabupaten Malang. 2.
Fathoni, A., & Muhibbin, A. (2024). kurikulum dan pembelajaran (1st ed.). muhammadiyah university press.
Fauzan, Lateh, A., & Arifin, F. (2019). Analisis Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia dan Thailand (Studi kebijakan Kurikulum 2013 dan Kurikulum 2008 di tingkat SMA). Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 14(2), 297. https://doi.org/10.21043/edukasia.v14i2.5989.
Haris Budiman. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.
Hayuningsih, R. T. (2025). Inovasi Pendidikan untuk Menghadapi Era Society 5 . 0 dalam mempersiapkan Generasi Masa Depan. 2(3), 153–158.
Hermansyah Lbs, F. (2023). Analisis Kritis Relevansi Fungsi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Era Modern. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(4), 1705–1715. http://www.jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/583%0Ahttps://www.jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/download/583/448
Hidayat, M., & Sukasari. (2019). Relevansi Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah dengan Kebutuhan Dunia Kerja. Jurnal Al-Ta’dib, 13. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/moral.v2i1.483.
Idris, M. (2022). Pendidikan Islam dan Era Society 5.0 ; Peluang dan Tantangan Bagi Mahasiswa PAI Menjadi Guru Berkarakter. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 61. https://doi.org/10.29240/belajea.v7i1.4159
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589.
Lismina. (2017). PENGEMBANGAN KURIKULUM (I. Mohtar (ed.); 1st ed.). uwais inspirasi indonesia.
Lundeto, A., m. aksan, S., & Lundeto, amalia mutmainnah. (2024). Adapting Islamic Education to Society 5 . 0 : Perspectives on Opportunities and Challenges. 18(2), 200–218.
Muwaffaq, F. F., Faizah, S. N., Aprilia, S. D., Putri, N. E. A., Nabila, H. R. J., Khofifah, I. N. K., & Hilyana, F. S. (2024). Transformasi Pendidikan: Menghadapi Tantangan Guru Di Era Society 5.0. Ilmiah Pendidikan Islam, 9, 3233–3240.
Nur, Sakiinah, A., Mahya, A. F. P., & Santoso, G. (2022). Revolusi Pendidikan di Era Society 5.0; Pembelajaran, Tantangan, Peluang, Akses, Dan Keterampilan Teknologi. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), Vol. 01 No, 18–28.
Pangestu, D. N. (2020). Desain Pengembangan Kurikulum Madrasah Berbasis Sistem Kredit Semester Studi Kasus di MTsN 2 Ponorogo. 1–112.
Rahmatika, N., & Huriyah, L. (2024). Kurikulum Madrasah Diniyah dan Relevansinya Dengan Kebutuhan Pendidikan Keagamaan di Madrasah Diniyah Al- Thohiriyah Sidoarjo Nurdina Rahmatika Pendahuluan Pendidikan agama di Indonesia mempunyai peranan yang sangat penting. 4, 105–115.
Rofi’ah, firda zakiyatur. (2018). Analisis Kurikulum Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi Tesis. 3(2), 91–102.
Santoso, G. (2020). The structure development model of pancasila education (PE) and civic education (cE) at 21 century 4.0 era in indonesian. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 59, 1046–1054.
Santoso, G., & Murod, M. (2021). Comparison of the Contents Pancasila Education and Citizenship From 1975-2013 Curriculum in Indonesian at The 21st Century. Jurnal Ekonomi, 21, 65–71.
Tulungagung, U. I. N. S. A. R. (n.d.). Fakultas dan Prodi. 2025. Retrieved April 14, 2025, from https://uinsatu.ac.id/fakultas-dan-prodi/
Ubaidillah. (2017). Relevansi Kurikulum Pondok Pesantren Di Era Globalisasi (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Widoro Payung Besuki Situbondo.
Yusgiantara, A., Islam, U., Raden, N., Said, M., Pandawa, J., Sukoharjo, K., & Tengah, J. (2025). Inovasi Kurikulum dan Metode Pembelajaran di Era Society 5 .0.
DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v6i1.536
Refbacks
- There are currently no refbacks.