TELAAH TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB GURU DI ERA SOCIETY 5.0

Nailul Hafiza, Laila Yunita, Sulaiman Sulaiman, Rully Hidayatullah, Hadeli Hadeli

Abstract


Perkembangan teknologi dan transformasi digital yang pesat menuntut dunia pendidikan untuk berinovasi dalam menciptakan model pembelajaran yang adaptif terhadap tantangan zaman. Kurikulum Merdeka Belajar hadir sebagai upaya untuk menyesuaikan sistem pendidikan Indonesia dengan karakteristik era Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana inovasi pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka dapat diterapkan secara efektif dalam konteks kemajuan teknologi dan kebutuhan masyarakat modern. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan menelaah berbagai sumber literatur berupa buku, artikel, dan jurnal ilmiah yang relevan dari platform daring seperti Google Scholar, Garuda, Sinta, dan ResearchGate, serta beberapa referensi cetak dari perpustakaan kampus. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka menuntut guru untuk memiliki kompetensi digital, kemampuan berpikir kritis, kolaboratif, serta kepekaan terhadap perkembangan teknologi informasi. Selain itu, guru juga memiliki tanggung jawab untuk membentuk karakter siswa melalui pendekatan pembelajaran yang interaktif, humanistik, dan berbasis teknologi. Kesimpulannya, inovasi pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar merupakan strategi penting dalam membentuk generasi unggul yang mampu bersaing dan beradaptasi dalam dunia yang terus berubah. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengkaji implementasi Kurikulum Merdeka secara empiris di lapangan, termasuk efektivitas metode pembelajaran berbasis teknologi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan karakter peserta didik.


Keywords


Era Society 5.0; Kompetensi guru; Tugas guru; dan Tanggung jawab guru

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, Burhamzah, M., Fatimah, S., & Asri, W. K. (2022). PERAN GURU DALAM MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0: APAKAH SEBATAS TANTANGAN ATAU PERUBAHAN? Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1. https://ejurnal.staiddimaros.ac.id/index.php/maruki/article/view/14

Alhabsyi, F., Pettalongi, S. S., & Wandi Wandi. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.24239/jimpi.v1i1.898

Aprilia Ulfa Nurfitri, Lestari, F. H., Sahara, Ayu, L., & Suttrisno. (2025). Strategi Guru MI dalam Membentuk Etika Digital pada Peserta Didik di Era Media Sosial. Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2. https://journal.lpkd.or.id/index.php/Hardik/article/view/1223

Baharizqi, S. L., Muhtar, T., Herlambang, Y. T., & Nur Fahrozy, F. P. (2023). Kompetensi Pedagogik Di Era Society 5.0: Sebuah Tinjauan Dalam Perspektif Pedagogik Kritis. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 13(2), 259. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i2.46286

Dianti, Y. (2017). strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2(1), 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Fatiani Lase. (2022). Peran Perencanaan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru. JURNAL PENDIDIKAN, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.22

Gunawan, I. G. D., Pranata, Pramarta, I. M., Mertayasa, I. K., Pustikayasa, I. M., & Widyanto, I. P. (2020). Peningkatan Mutu Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya 2020, 15–30.

Hamzah umasugi. (2020). No Titleguru sebagai motivator, JUANGA : jurnal agama dan ilmu pengetahuan. JUANGA : Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 6. https://doi.org/https://doi.org/10.59115/juanga.v6i02.7

Idris, M. (2022). Pendidikan Islam Dan Era Society 5 . 0 ; Peluang dan Tantangan Bagi Mahasiswa PAI Menjadi Guru Berkarakter PENDAHUL UAN Pembahasan mengenai pendidikan tidak akan pernah tuntas , karena sepanjang kehidupan itu ialah pendidikan , sebagaimana sabda rasululla. Jurnal Pendidikan Islam, 7. https://doi.org/https://doi.org/10.29240/belajea.v7i1.4159

Lase, D., Waruwu, E., & Waruwu, S. (2022). Integrasi TIK dan Pengembangan Kompetensi Digital Guru Prajabatan di Perguruan Tinggi. LAURU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(1), 13–20. https://doi.org/10.56207/lauru.v1i1.12

Mahmudi, M. A., Isnaini, S., Anggraini, P. L., Keban, Y. B., Putra, A. H., Effendi, M. S., Kobi, W., & Runi Rulanggi, Iyam Maryati, Juanita Hibatullah, Rajab, Leni Marlina, Sugeng Marsudi, Ambo Dalle, Amalulia Yusrina Ahlian, A. G. (2024). Pembelajaran di Era Society 5.0. PT. Mifandi Mandiri Digital.

Mila Amalia. (2022). Inovasi pembelajaran kurikulum merdeka belajar Di Era Society 5.0 untuk Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/2299/0

Muliastrini, N. K. E., & Handayani, N. N. L. (2021). Gerakan Literasi Digital Bermuatan Karakter Dalam Menyongsong Pendidikan Abad 21 Era Society 5.0. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 3, 79–85. http://prosiding.iahntp.ac.id/index.php/seminar-nasional/article/view/91

Muslimin, T. pitriani, & Andi Anugrah Batari Fatimah. (2024). Kompetensi dan Kesiapan Guru Sekolah Dasar terhadap tantangan Pendidikan di Era Society 5.0. Jornal of Primary Education, 7. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/cjpe.712024.3589

Mustofa, M., &, & Azizah, L. (2021). Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Inovatif, 6. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jpi.v6i3.60134

Muwaffaq, Farah, F., & Siti Nur Faizah, Sinta Dewi Aprilia , Naela Evi Amelia Putri , Hana Rizki Jauharotu Nabila, Intan Najwa Karimatul Khofifah, F. S. H. (2024). Transformasi Pendidikan: Menghadapi Tantangan Guru Di Era Society 5.0. Ilmiah Pendidikan Islam, 9, 3233–3240.

Nugraheni, R., & Suryanto, T. (2023). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pendidikan Global, 8. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpg.v8i2.45231

Pujiono, A. (2021). Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen di Era Society 5.0. Skenoo : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 78–89. https://doi.org/10.55649/skenoo.v1i2.15

Rahayu, S., & Mulyono, E. (2022). No TitleImplementasi Kurikulum Merdeka: Tinjauan Konseptual dan Praktis. Jurnal Inovasi Pendidikan, 17. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jip.v17i1.30215

Rahmawati, M., & Edi Suryadi. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954

Salsabila, F. N., Siliwangi, U., Agustina, Y., Siliwangi, U., Rachman, I. F., & Siliwangi, U. (2024). 342-351. 1(5), 342–351.

Siti Umi Khoiriah, Lia Karunia Lam Uli Lubis, & Diva Kayla Nazwa Anas. (2023). Analisis Perkembangan Sistem Manajemen Pendidikan di Era Society 5.0. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 2(2), 117–132. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i2.650

Yaqin, N., Sutarjo, & Sholeh, S. (2022). Role Model Guru Sebagai Asas Pendidikan Karakter Siswa Di Era Society 5 . 0. Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Keislaman, 9(1), 69–79.

Yuliani, N., & Ramadhan, A. (2022). Kompetensi Guru di Era Kurikulum Merdeka dan Tantangannya. Jurnal Kependidikan Nusantara, 5. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/jkn.v5i1.90765




DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v6i1.530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.