ANALISIS KODE ETIK GURU DALAM MENJALANKAN PROFESI DAN PROBLEMATIKANYA DI ERA SOCIETY 5.0
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan etika profesi guru serta mengidentifikasi berbagai problematika yang dihadapi dalam konteks transformasi digital dan perubahan sosial di era Society 5.0. Metode ini melibatkan pengumpulan data dari berbagai sumber tertulis seperti jurnal ilmiah, buku referensi, dokumen kebijakan pendidikan, serta artikel penelitian yang relevan dengan topik yang dibahas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun guru memahami pentingnya etika profesi, mereka masih menghadapi tantangan seperti rendahnya literasi digital, dilema moral di media sosial, dan tekanan dari ekspektasi masyarakat. Karena itu, perlu penguatan kompetensi etis dan digital serta kebijakan pendidikan yang adaptif terhadap perkembangan zaman. Kesimpulan dari artikel ini menekankan pentingnya guru menguasai kode etik profesi keguruan dan solusi atas problematikanya.
Keywords
References
Abidah, A., Aklima, A., & Razak, A. (2022). Tantangan Guru Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 769–776. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V7i2c.498
Adolph, R. (2016). Peran Etika Kepribadian Dan Kode Etik Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru .4(1), 1–23.
Alamsyah, A., Pettalongi, S. S., & Rustina, R. (2023). Pengaruh Kode Etik Dan Kompetensi Terhadap Perilaku Kerja Guru Di Mts Negeri Palu. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 2(1), 11–19. Https://Doi.Org/10.24239/Jimpe.V2i1.1861
Alamsyah, Burhamzah, M., Fatimah, S., & Asri, W. K. (2022). Peran Guru Dalam Menghadapi Era Society 5.0: Apakah Sebatas Tantangan Atau Perubahan? Maruki: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1), 50–59.
Annisa, R. E., & Anggoro, B. K. (2025). Pengaruh Penerapan Kode Etik Guru TerhadapDiSekolah.3(2). Https://Doi.Org/10.17977/Um084v3i22025p450-462
Dorlan Naibaho, V. S. (2025). Penerapan Kode Etik Guru Pak Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 4(1), 650–657.
Gunati, M., Hj. Yeti Kurniati, & Hj. Hernawati Ras. (2023). Analysis And Solution To The Phenomenon Of Ethical Violations By Teachers In The School Environment Against Students. Formosa Journal Of Social Sciences (Fjss), 2(4), 701–710. Https://Doi.Org/10.55927/Fjss.V2i4.7452
Indriawati, P., Azzahra, F., Nisa, N. T., & Enggar, C. I. (2025). Eksplorasi Kode Etik Guru Dalam Konteks Pendidikan. JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Eksplorasi Kode Etik Guru Dalam Konteks Pendidikan. 5(4), 851–862.
Indriawati, P., Yulianto, M., & Simamora, E. M. (2023). Kode Etik Profesi Guru. Jurnal Fusion. 3(I), 1–19.
Keban, Y. B. (2022). Pendidikan Karakter, Teknologi Informasi, Era Society 5.0 56. Jurnal Reinha, 13(1), 62–63. Https://Doi.Org/10.56358/Ejr.V13i1.123
Maryanto, M., Budoyo, S., Sumardiyani, L., & Wibisana, M. I. N. (2024). Implementasi Kode Etik Guru Untuk Meningkatkan Profesionalisme Pendidik. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 15(1), 194–200. Https://Doi.Org/10.26877/E-Dimas.V15i1.18127
Moh Abdul Fattah. (2023). Kebijakan Pengembangan Guru Di Era Society 5,0. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 161–171. Https://Doi.Org/10.51806/An-Nahdlah.V2i3.62
Pratama, F, N., Nurtaqim, A, B., Syaadah, L., & Nugroho, Puspo. (2025). Kode Etik Guru Pai Indonesia Perspektif Persatuan Guru Republik Indonesia. Millatuna : Jurnal Studi Islam. 02(01), 133–145. Https://Doi.Org/10.33752/Mjsi.V2i01.8267
Prita Indriawati, Mustofa Yulianto, E. M. S. (2023). Kode Etik Profesi Guru. Jurnal Fusion, 13(1), 104–116.
Puspasari, A. N., & Bakhruddin, M. (2024). Studi Komparatif Kode Etik Guru Pai ( Perspektif Rahmah El Yunusiyyah Dan Imam Al Ghazali ). Jurnal Ta'allum. 12(2), 147–171.
Putri, F. A., & Khairat, A. (2024). Kode Etik Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Konteks Peningkatan Mutu Pendidikan Di Era Society 5.0. Intelektualita, 13(1), 41–52. Https://Doi.Org/10.22373/Ji.V13i1.20915
Raja, Judika Nopendri Lumban, & Naibaho, D. (2025). Kode Etik Guru Dan Kinerja Guru. Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora. 4(1).
Restiana, D., Ahmad, T., & Handriadi. (2023). "Etika Profesi Keguruan". Yogyakarta : Selat Media.
Rowar, J., Wahab, G., & Syahid, A. (2023). Implementasi Kode Etik Guru Dalam Proses Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 1 Sirenja Kec. Sirenja Kab. Donggala. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0, 2(1), 117–122.
Sabina Naghma Salsabila, Mutiara Dewi, Siti Nurul Aeni, S. S. N., & Kholifah, S. (2025). Penerapan Kode Etik Profesi Terhadap Profesionalisme Guru Di Indonesia. Jurnal Anak Bangsa.
Santoso, R. A., & Fitriatin, N. (2024). Penerapan Kode Etik Profesi Terhadap Profesionalisme Guru Sma. 4, 1364–1370.
Sartika, R. (2024). Transformasi Kompetensi Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam : Problematika Dan Solusi Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia. 14(51), 304–325.
Sudarto, O., Jauhar, S., & Fitri Muin, N. (2024). Problematika Guru Dalam Merencanakan Pembelajaran Ipas Di Kelas V Sd Negeri 2 Manurunge Kabupaten Bone. Online) Journal Of Educational And Language Research, 3(8), 2807–2937. Http://Bajangjournal.Com/Index.Php/Joel
Sulton, M. S. B., & Maunah, B. (2022). Problematika Guru Di Sekolah. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 226–246. Https://Doi.Org/10.55681/Nusra.V3i1.128
Zaidan, M., Darmiyanti, A., & Saprialman. (2023). Implementasi Kode Etik Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Strategi Dan Prinsip-Prinsip Profesionalisme Di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(April), 313–317. Https://Jurnal.Peneliti.Net/Index.Php/JIWP
DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v6i1.528
Refbacks
- There are currently no refbacks.