Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Izzatul Marifah, Nurul Ikhsan Karimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di kelas V Sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini berasal dari rendahnya prestasi belajar siswa akibat metode pengajaran yang monoton dan terbatasnya penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada penguasaan belajar siswa, dari 27% pada tahap pra-siklus menjadi 80% pada siklus I, dan 87% pada siklus II. Rata-rata nilai juga meningkat dari 46,5 menjadi 82, dan kemudian 88,3. Penerapan model PjBL terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih aktif, kontekstual, dan kolaboratif, serta mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa secara signifikan


Keywords


Project Based Learning; IPAS; Learning Outcomes; Students

Full Text:

PDF

References


Apriany, W., Winarni, E. W., & Muktadir, A. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu. JP3D (Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar), 3(1), 88–97. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/dikdas/article/view/12308

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2021). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Ed. revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Aulia, N. (2023). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa di sekolah dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 3(1), 1–7. https://doi.org/10.32665/jurmia.v3i1.338

Erisa, H., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Model project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 1–11. https://doi.org/10.21009/jpd.v12i01.20754

Fathonah, R. A., Handayani, T. O., & Indrapangestuti, D. (2023). The role of project based learning (PjBL) in improving elementary school students. SHES: Conference Series, 6(1), 350–357. https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/71114

Hidayat, A. (2020). Pembelajaran berbasis proyek di sekolah dasar. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jannah, I. N., Hariyanti, D. P., & Prasetyo, S. A. (2020). Efektivitas penggunaan multimedia dalam pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 54–59. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135

Kemmis, S., & McTaggart, R. (2022). The action research planner: Doing critical participatory action research. Victoria: Deakin University.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2022). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2023). Metodologi penelitian kualitatif (Ed. revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ningrum, E. W., Listyarini, I., Saputra, H. J., & Junaidi, A. (2023). Implementasi model project based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Panggung Lor. Jurnal Sinektik, 6(1), 1–10. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sin/article/view/9045

Sa’diyah, H., Fajari, L. E. W., Aini, S., & Fajrudin, L. (2023). Efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap peningkatan keterampilan sosial siswa di sekolah dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 1–10. https://jurnal.uns.ac.id/jkc/article/view/71789

Saadah, L., Zuliani, R., & Rini, C. P. (2023). Pengaruh metode project based learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kembangan Selatan 01. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 530–536. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12785

Setiawan, B. (2023). Strategi pembelajaran efektif dalam kurikulum Merdeka. Yogyakarta: Universitas Press.

Sudjana, N. (2022). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2023). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, A. (2020). Filsafat pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v6i1.526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.