Relevansi Kompetensi Guru Berdasarkan Undang-Undang No 14 Tahun 2005 di Era Society 5.0
Abstract
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, kompetensi guru mencakup empat aspek utama: pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Dengan munculnya era Society 5.0, yang mengedepankan pemanfaatan teknologi untuk memecahkan masalah sosial, relevansi kompetensi guru menjadi semakin penting untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan global. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis relevansi kompetensi guru berdasarkan Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 di era Society 5.0, serta bagaimana kompetensi tersebut dapat diadaptasi untuk mendukung pembelajaran berbasis teknologi dan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur Data diperoleh melalui kajian literatur yang mencakup Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, artikel ilmiah, serta penelitian yang berkaitan dengan perkembangan teknologi pendidikan dan perubahan dalam dunia pendidikan di era Society 5.0. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Kompetensi pedagogik dan profesional mendorong guru untuk memanfaatkan teknologi sebagai alat pembelajaran yang inovatif, sementara kompetensi kepribadian dan sosial memungkinkan terciptanya hubungan yang harmonis dengan peserta didik, orang tua, dan masyarakat. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengkaji secara empiris implementasi keempat kompetensi guru dalam praktik pembelajaran di era Society 5.0, serta mengevaluasi pengaruh integrasi teknologi terhadap penguatan kompetensi tersebut di berbagai jenjang dan konteks pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidah, A., dkk. (2022). Tantangan Guru Sekolah Dasar dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 769–776. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.498
Adani, Asri, dkk. (2024). Pengembangan Sistem Keuangan Sekolah Berbasis Teknologi Untuk Mendukung Transformasi Society 5.0. 2.
Annisa, Alfath, dkk. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 1(2), 42–50. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73
Arman, Paramansyah, dkk. (2024). Transformation of Islamic Boarding School Education to Address Moral Challenges in the Digital Era. 16.
Asmarita, Desi, dkk. 2021. Kompetensi Guru Di Indonesia Menurut Ibnu Sahnun Dalam Kitab Al-Muallimin Dan Relevansinya Dengan Kompetensi Guru Di Indonesia. Journal Cerdas Mahasiswa 3
Aulia, D., dkk. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 800–807. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1310
Baharizqi, S. L., dkk. (2023). Kompetensi Pedagogik Di Era Society 5.0: Sebuah Tinjauan Dalam Perspektif Pedagogik Kritis. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 13(2), 259. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i2.46286
Cela, Petty Susanti, dkk. (2024). Strategi Efektif Pondok Pesantren Dalam Mengatasi Tantangan Guru Di Era Modern Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. 3.
Diana, R., & Rodhiyana, M. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Di Era Digital. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v6i1.2650
Fitriyani & Hidayatullah. (2023). 5.
Giandari, dkk. (2023). Pendidikan Di Era Digital. Sada Kurnia Pustaka.
Gunawan, I. G. D., dkk. (2020). Peningkatan Mutu Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya 2020, 15–30.
Halim, A., & Maskuri, M. (2021). Kompetensi Multikultural Guru Pendidikan Agama Islam. Pendidikan Multikultural, 5(1), 120. https://doi.org/10.33474/multikultural.v5i1.10322
Haryadi, D., & Angriani, R. (2024). EVALUASI KOMPETENSI GURU ERA 4. 0 ( STUDI KASUS DI SDN 04 TENTE ). 07(2), 15–23.
Hasanah, I. F., dkk. (2024). Mengeksplorasi Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru PAI dan Akhlak Siswa di Era 5.0. Ta dib Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 113–120. https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i1.13565
Hermawan, I., dkk. (2020). KEBIJAKAN PENGEMBANGAN GURU DI ERA. 2(2), 4.
Hikmah, S. N. A., dkk. (2024). Pendidikan Transformatif : Tantangan Dalam Meningkatkan Mutu Dan Kompetensi Guru Sma / Ma / Smk Di Banyuwangi. PENEROKA: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 237–246.
Ichsan, Aulia Sofianora, dkk. (2023). Pengaruh Profesionalitas Guru Matematika Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Era Revolusi Industri 5.0 Di Indonesia: Sebuah Meta-Analisis. Jurnal Math-UMB.EDU, 10(2), 49–58. https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v10i2.4868
Imamudin, Fahmi, R., dkk. (2024). Kompetensi Pendidik Dalam Menghadapi Pendidikan Pada Era Society 5.0. Ajie, 08(01), 8–17. https://doi.org/10.20885/ajie.vol8.iss1.art2
Indriawati, P., dkk. (2025). JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Eksplorasi Kode Etik Guru Dalam Konteks Pendidikan. 5(4), 851–862.
Ismunandar, A., & Kurnia, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Pendidik Di Era Society 5.0. JRPP: Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(2), 388–397.
Kinanthi, Gendis Surya Natasya Fadilla Saputri, & Nur Aini Rosita. (2024). Pentingnya Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru dalam Menghadapi Transformasi Pendidikan Abad 21. 7.
Kemendikbud. (2017). Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka.
Kinanthi, G. S., dkk. (2024). Pentingnya Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21. 7(3), 1–23.
Lestari, P. D. J. P., dkk. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 9(3), 153–160. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p153-160
M. Makhrus Ali. (2022). Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Mengajar. 1.
Mulyasa. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Remaja Rosda Karya.
Nasution. (2018). Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bumi Aksara.
Prasetyo & Sutopo. (2020). Tantangan Guru Menghadapi Era Society 5.0. 3.
Putri, A. S., dkk. (2022). Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membangun Peserta Didik Yang Berakhlakul Karimah di Era Society 5.0. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(16), 85.
Rahayu, R., dkk (2023). Karakteristik Keterampilan Guru Abad 21. 6(1), 89–102.
Rahmah, Hafizhatur, dkk. 2024. Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Pandawa: Jurnal Pendidikan Dan Dakwah 6
Rodiyah, S. K., dkk. (2024). PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIOANALGURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAMDALAM MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0. XIII(1).
Rofita Rahayu, Sofyan Iskandar, & Dede Trie Kurniawan. (2023). Karakteristk Keterampilan Guru Abad 21. 6.
Saputra, H., dkk. (2023). Era Baru Pembelajaran Matematika: Menyongsong Society 5.0. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(2), 146–157. https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i2.11155
Shafira, Nadia & Mohammad Saat Ibnu Waqfin. (2023). PROFESIONALISME GURU PAI BERBASIS DIGITALISASI PADA ERA SOCIETY 5.0 DI SMP NEGERI 2 MOJO AGUNG JOMBANG. 5.
Siti Umi Khoiriah, Lia Kurnia Lam Uli Lubis, & Diva Kayla Nazwa Anas. (2023). Analisis Perkembangan Sistem Manajemen Pendidikan di Era Society 5.0. 2.
Torro, S., Yusriani, & Idrus, I. I. (2023). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Kurikulum Merdeka Di SMA Kec. Sinajai Utara Kab. Sinjai. Pendidikan Sosial Undiksha, 5(02), 158–164.
UNESCO. (2022). ICT Competency Framework for Teachers.
Wahid Suharmawan. (2023). EKSISTENSI GURU BK DI ERA REVOLUSI 5.0. 1.
Wijaya, L. (2023). Peran Guru Profesional Untuk Meningkatkan Standar Kompetensi Pendidikan. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1222–1230. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.273
Wince, Irzan Amri, Fadriati, & Ernis Suryana. (2025). PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI MELALUI PENDEKATAN REFLEKTIF. 7.
Wulandari, C., Hisyam, I. N., & Nuraeni. (2020). ANALISIS RELEVANSI KOMPETENSI GURU DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0. ??12?(235), 245.
Yuliana. (2021). Peran Kompetensi Guru dalam Transformasi Digital Pendidikan. 2.
DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v6i1.524
Refbacks
- There are currently no refbacks.