Analisis Hak dan Kewajiban Guru dalam Meningkatkan Kompetensi Tenaga Pendidik MI/SD di Era Society 5.0
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hak serta kewajiban guru dalam peningkatan kompetensi tenaga pendidik mi/sd di era society 5.0, yang mengedepankan sinergi antara teknologi dan nilai-nilai kemanusian. Metode yang digunakan berupa studi literatur dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Informasi dikumpulkan dari berbagai referensi yang relevan dan dianalisis melalui pendekatan tematik. Temuan menunjukan bahwa hak guru mencakup aspek kesejahteraan, perlindungan hukum, peluang pengembangan profesional, serta akses terhadap teknologi pendidikan. Sementara itu, kewajiban guru meliputi penguasaan teknologi, pembentukan karakter peserta didik, penerapan etika digital, dan penyesuaian terhadap kurikulum yang kontekstual. Kesimpulan dari artikel ini menekankan pentingnya keseimbangan antara hak dan kewajiban guru guna mewujudkan sistem pendidikan yang responsif dan kompetensi tenaga pendidik yang berkualitas di tengah kemajuan teknologi yang pesat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidah, A., Aklima, A., & Razak, A. (2022). Tantangan Guru Sekolah Dasar dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 769–776. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.498
Adi Candra, W., Hasan, M., & Sugiran. (2023). Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam Dalammenghadapi Era Society 5.0 Digital. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 02(07), 518–532.
Ahmadin, Nehru, & Iqbal. Muh. (2023). Persiapan Guru Dalam Menghadapi Tantangan Diera Society 5.0 Di SMAN 1 Wawo. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 136–141.
Alamsyah, Burhamzah, M., Fatimah, S., & Asri, W. K. (2022). Peran guru dalam menghadapi era society 5.0: Apakah sebatas tantangan atau perubahan? Maruki: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1), 50–59.
Amalia, N. F., & Munif, M. V. M. (2023). Tantangan dan Upaya Pendidikan dalam Menghadapi Era Society 5.0. MAANA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.52166/mjpiaud.v2i1.4741
Aulia, D., Murni, I., & Desyandri, D. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 800–807. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1310
Digital, L., Guru, B., Calon, D. A. N., Sekolah, G., Penunjang, S., & Dan, P. (2022). 3 1,2,3. 2(1), 87–94. https://doi.org/10.5281/zenodo.6390955
Djollong, A. F. (2017). KEDUDUKAN GURU SEBAGAI PENDIDIK (Teacher’s Position As Education). Istiqra` : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, IV(2), 122–137.
Dzakiyyah, H. N. (2022). Program Pengembangan Manajemen Diklat Terhadap Peningkatan Kualitas Guru Di Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 15–24.
Fahrezi, R. M. (2024). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Inklusi. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, Indonesia, 01(1), 1–7.
Fattah, M. A. (2023). Kebijakan Pengembangan Guru Di Era Society 5,0. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 161–171. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v2i3.62
Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society. Japan SPOTLIGHT, August, 47–50.
Harahap, N. J., Limbong, C. H., & Sinaga Simanjorang, E. F. (2023). the Education in Era Society 5.0. Jurnal Eduscience, 10(1), 237–250. https://doi.org/10.36987/jes.v10i1.3959
Hasanah, U. U., Nursholichah, K. U., Cahyaningsih, E., Mustofa, T., & Saidah, N. (2024). Tantangan Guru dalam Menghadapi Era Society 5.0 Perspektif Al-Qur’an dan Hadis. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 8762–8770. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5110
Hidayat, M., & Handayani, A. N. (2022). Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik, 2(5), 261–266. https://doi.org/10.17977/um068v2i52022p261-266
Idris, M. (2022). Pendidikan Islam dan Era Society 5.0 ; Peluang dan Tantangan Bagi Mahasiswa PAI Menjadi Guru Berkarakter. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 61. https://doi.org/10.29240/belajea.v7i1.4159
Manik, W., Siregar, K. N., Salsabila, Z., Maysarah, Y., Zahrah, A., & Nasution, S. A. (2024). Eksistensi Etika Profesi Keguruan Dalam Menghadapi Krisis Pendidikan Era. 3, 212–220.
Muslimin, T., & Fatimah, A. (2024). Kompetensi dan Kesiapan Guru Sekolah Dasar Terhadap Tantangan Pendidikan di Era Society 5.0. CJPE: Cokroaminoto Juornal of Primary Education , 7(1), 55–72. https://e-journal.my.id/cjpe
Mustari, M. dan R. D. (2024). masa depan manajemen pendidikan di indonesia: era society 5.0 teori, strategi,analasis,dan aplikasinya.
Nasrul, N., Hasnah, S., & Dzakiah, D. (2022). Kompetensi Guru Di Era Society 5.0. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Datokarama Palu 2022, 1, 116–120.
Oktavia, I. A., & Utomo, D. H. (2024). Urgensi Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Menghadapi Era Human Society 5 . 0. 4(5), 0–4. https://doi.org/10.17977/um065.v3.i10.2024.2
Priyadi, Z. A., Dewi, I. R., & Wulandari, O. A. D. (2022). Transformasi Digital dan Pemberdayaan Masyarakat Menuju Ekonomi Kreatif Berkelanjutan di Era Society 5.0. Ekraf: Jurnal Ekonomi Kreatif Dan Inovatif Indonesia, 1(2), 84–90.
Ridho, A., Wardhana, K. E., Yuliana, A. S., Qolby, I. N., & Zalwana, Z. (2022). Implementasi Pendidikan Multikutural Berbasis Teknologi Dalam Menghadapi Era Society 5.0. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 7(3), 195–213. https://doi.org/10.21462/educasia.v7i3.131
Santoso, R. A., & Fitriatin, N. (2024). Penerapan Kode Etik Profesi terhadap Profesionalisme Guru SMA. 4, 1364–1370.
Tarihoran, E. (2019). Guru Dalam Pengajaran Abad 21. SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 46–58. https://doi.org/10.53544/sapa.v4i1.68
Teknowijoyo, F., & Marpelina, L. (2022). Relevansi Industri 4.0 dan Society 5.0 Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Educatio, 16(2), 173–184. https://doi.org/10.29408/edc.v16i2.4492
Zaki, A., Hidayat, T. N., Furqan, M. H., Saifuddin, S., & Winarty, A. (2024). Peran Guru Dalam Penguatan Karakter Siswa Di Era Society 5.0 (Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran). Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8(2), 1107–1118. https://doi.org/10.30601/dedikasi.v8i2.5566
DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v6i1.508
Refbacks
- There are currently no refbacks.