PENINGKATAN HASIL BELAJAR SIFAT CAHAYA MENGGUNAKAN METODE JIGSAW LEARNING PENDEKATAN TARL KELAS V B SDN WONOKROMO 1/390 SURABAYA
Abstract
Pembelajaran yang berpusat pada guru membuat peserta didik kurang aktif dan kurang memahami materi Pelajaran dengan baik, sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif. Metode yang berpusat pada guru dapat diganti dengan metode yang berpusat pada peserta didik salah satu metodenya yaitu jigsaw learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar menggunakan metode pembelajaran yang berpusat pada peserta didik yaitu menggunakan metode jigsaw learning. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Desain penelitian yang digunakan PTK menggunakan kuasi eksperimen dilakukan menggunakan pretest dan postest pada satu variabel. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik Pelajaran IPAS materi sifat-sifat Cahaya kelas V-B SDN Wonokromo 1/390 Surabaya dengan menggunakan metode pembelajaran jigsaw learning. Hal ini terlihat pada Tingkat ketuntasan belajar peserta didik pada setiap siklus. Kegiatan prasiklus atau sebelum menerapkan metode pembelajaran jigsaw learning diperoleh presentase ketuntasan nilai 0% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 16,48. Kemudian pada siklus I mengalami peningkatan ketika melaksanakan proses belajar menggunakan model pembelajaran jigsaw learning dengan presentase ketuntasan sebesar 78% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 77,62. Pada siklus II terjadi peningkatan lagi dengan presentase nilai 90% atau nilai rata-rata sebesar 89,59 yang termasuk sangat baik..
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model & Metode Pembelajaran di Sekolah.
Affandi, Y., Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2022). The Evaluation of JIDI (Jigsaw Discovery) Learning Model in the Course of Qur’an Tafsir. International Journal of Instruction, 15(1), 799–820. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15146a
Akhmad Salbi. (2021). Increasing Student’s Learning Interest In Social Science Learning Through A Cooperative Approach Of Jigsaw Engineering Fourth Class Elementary School 2 Sepunggur-Tanah Bumbu. International Journal of Science, Vol. 2 No. 5, 1181. http://ijstm.inarah.co.id
Darmawan, D., Sudrajat, I., Kahfi, M., Maulana, Z., Febriyanto, B., Pendidikan, J., Sekolah, L., Pendidikan, K., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2021). Perencanaan Pengumpulan Data sebagai Identifikasi Kebutuhan Pelatihan Lembaga Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1), 71–88. https://doi.org/10.15294/pls.v5i1.30883
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis.
Dyah, N. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Unsur-Unsur Hadist Di MA Miftahussalam Kambeng Slahung Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023.
Gusta, W., & Christina, D. (2020). Improved Student Collaboration Skills On English Learning Using Jigsaw Models. International Journal Of Scientific & Technology Research, 1051. www.ijstr.org
Kustantina. (2023). Model Pembelajaran Jigsaw dan STAD Terhadap Pencapaian Karakter dan Kemampuan Numerasi Siswa. Cahya Ghani Recovery.
Made, G., & Widarta, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.4003775
Pahleviannur, M. R., Mudrikah, S., Mulyono, H., Bano, V. O., Rizqi, M., Syahrul, M., Latif, N., Prihastari, E. B., Aini, K., Zakaria, & Hidayati. (2022). Penelitian Tindakan Kelas.
Purba, P. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Peningkatan Daya Tarik Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Kelas IV 064012 Kec Medan Petisah. ESJ (Elementary School Journal), 60–66.
Sani, R. A. (2022). Menulis Laporan Penelitian dan Artikel Ilmiah. Komunitas Penulis Kreatif.
Saputro, E. W., Rakhmawati, A., & Sunarso, R. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta. 2(1), 179–192. https://doi.org/10.59841/blaze.v2i1.920
Wibawa, I. Md. A. J., & Suarjana, I. Md. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw I dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Volume 3, Number 1, 115–125.
Wicaksono, D., Teknologi Pendidikan, M., Muhammadiyah Jakarta, U., & Ahmad, J. K. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten.
Witjaksono Sridadi, T. (2018). Penerapan Metode Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDS Tiara School Klapanunggal Bogor.
Yulisa, T., Diarti, I., & Kasiyan,; (2024). Comparative Study of Post-Marriage Nationality Of Women in Legal Systems of Different Countries The Use of Audio-Visual Learning Media and The Application of the Jigsaw Model in Teaching Arts and Culture at the Junior High School Level in Rural Areas International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding The Use of Audio-Visual Learning Media and The Application of the Jigsaw Model in Teaching Arts and Culture at the Junior High School Level in Rural Areas. Vol. 11, No. 2. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v11i2.5420
DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v5i2.402
Refbacks
- There are currently no refbacks.