PERAN GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR: STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR

Nur'itam Nur'itam, Nurwalidainismawati Nurwalidainismawati, Sri Suryaningsih

Abstract


Kurikulum Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memberikan kebebasan bagi sekolah dan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar, serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi selama proses implementasi. Metode Penelitian jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar  SDN O’o Mpili Kecamatan Donggo dengan subjek penelitian adalah guru-guru kelas di sekolah terkait. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru-guru yang terlibat dalam penerapan Kurikulum Merdeka Belajar, observasi kegiatan belajar mengajar, dan dokumentasi terkait implementasi kurikulum di sekolah tersebut. Teknik keabsahan data menggunakan triagulasi waktu dan metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif menggunakan 4 tahapan dari Miles dan Huberman . Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memainkan peran penting sebagai fasilitator, inovator, dan motivator, namun masih menghadapi berbagai kendala dalam pelaksanaan, termasuk keterbatasan sarana dan kesiapan profesional. Kesimpulannya Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar memerlukan peran proaktif guru dalam menyesuaikan metode pengajaran dengan kebutuhan siswa. Guru tidak hanya sebagai penyampai materi tetapi juga sebagai fasilitator yang mendukung siswa untuk mandiri dan kreatif.


Keywords


Kurikulum Merdeka Belajar, Peran Guru, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Daryanto, E. (2014). Pendekatan Pembelajaran Inovatif dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Gava Media.

Hamid, A., & Yulianti, T. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 115–124.

Harsono, B. (2022). Tantangan Kurikulum Merdeka di Sekolah Terpencil. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 6(1), 42–55.

Kartini, M. (2020). Inovasi dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Modern, 10(3), 102–115.

Kemendikbud. (2022). Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lestari, P. (2021). Keterampilan Adaptasi Guru terhadap Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Inovatif, 6(3), 138–153.

Nugroho, D. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Umpan Balik dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pendidikan, 14(1), 45–5.

Nurdin, A. (2019). Peran Teknologi dalam Penerapan Kurikulum Baru. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7(1), 75–89.

Prasetya, H. (2020). Adaptasi Kurikulum di Era Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7(1), 33–45.

Purnomo, A. (2021). Strategi Guru dalam Mengatasi Keterbatasan Sumber Daya Pendidikan. Jurnal Pendidikan Daerah, 7(1), 32–44.

Rahayu, N. (2018). Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Kreativitas Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 6(2), 55–67.

Rahman, A. (2020). Metode Evaluasi untuk Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Evaluatif, 5(3), 67–80.

Sudirman, J. J., Pusat, J., & Budaya, D. (2023). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat 10270 https://bima.kemdikbud.go.id PROTEKSI ISI PROPOSAL. 5–6.

Suryaningsih, S., Arwan, & Rahma, N. (2024). Development of Teaching Materials Based on Strenghthening the Pancasila Profile of Scinence and Science Subject to Improve Critical-Creative. Jurnal Cakrawala Pendas, 10(4), 928–940. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v10i4.11309

Susanto, A., & Putra, D. (2021). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar: Sebuah Analisis. Jurnal Pendidikan Dasar, 15(1), 112–130.

Taufik, M. (2022). Peran Guru dalam Pengembangan Pembelajaran Inovatif. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(3), 210–223.

Utami, L. (2021). Membangun Sikap Kolaboratif Siswa melalui Pembelajaran Proyek. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 85–98.

Wahyuni, S. (2021). Peran Guru dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi, 12(3), 150–165.

Widiastuti, F. (2020). Pembelajaran Berbasis Proyek sebagai Solusi Peningkatan Kemampuan Kolaboratif Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 90–104.

Wijaya, R. (2020). Penerapn Model Pembelajaran Berbasis Proyek di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 129–141.

Yuliana, E., & Ramadhan, F. (2019). Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Peran Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 56–73.




DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v6i1.399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.