Analisis Perilaku dan Sikap Siswa Terhadap Kegiatan Pembelajaran di Sekolah Dasar
Abstract
Di Indonesia, pendidikan merupakan suatu aspek yang perlu dikembangan secara unggul untuk menjadikan generasi bangsa yang memiliki potensi terhadap peserta didik. Dalam proses pembelajaran, banyak siswa yang fokus terhadap materi yang disampaikan oleh guru, namun beberapa siswa kurang fokus untuk memperhatikan materi yang diberikan. Tujuan penelitian ini melakukan observasi terhadap peserta didik SDN Sumbergondo 1, Batu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik. Hasil penelitian ini memberikan gambaran mengenai kondisi perilaku dan sikap peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung. Dari hasil keseluruhan indikator perilaku dan sikap peserta didik memiliki nilai yang cukup tinggi. Kurangnya nilai perilaku dapat mempengaruhi dari indikator suasana hati, kepercayaan diri dan kemampuan berpikir menjadi lemah, membuat peserta didik dalam kegiatan pembelajaran merasa malas dan bosan untuk mengikuti. Dari dampak tersebut dapat memerlukan solusi untuk mengatasi hal tersebut dengan memberikan relaksasi sejenak dengan melakukan kegiatan belajar sambil bermain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, A., Utami, T., Pauziah, P., & Andriani, O. (2024). Pendidikan Segregasi, Integrasi Dan Inklusi. Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2(2), 54–61. https://doi.org/10.61132/nakula.v2i2.550
Hidayat, Y. W., & Maharani, A. (2023). Analisis Kondisi Psikologis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Asesmen Diagnostik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(2), 169–179. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i2.8761
Laoli, J., Lase, D., & Suka'aro, W. A. R. U. W. U. (2022). Analisis hubungan sikap pribadi dan harmonisasi kerja pada kantor kecamatan Gunungsitoli Alo’oa Kota Gunungsitoli. Jurnal Ilmiah Simantek, 6(4), 145-151.
Latifah, I. (2020). Pendidikan Segregasi, Mainstreaming, Integrasi dan inklusi, apa bedanya? Jurnal Pendidikan, 29(2), 101–108. https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.676
Loppies, M., Badrujaman, A., & Sarkadi, S. (2020). Profile of extrovert and introvert personality and the implications in problem based history learning. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 3, No. 2, pp. 221-232).
Musarwan, M., & Warsah, I. (2022). Evaluasi Pembelajaran (Konsep. Fungsi dan Tujuan) Sebuah Tinjauan Teoritis. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 186-199.
Rismayani, L. D., Kertih, I. W., & Sendratari, L. P. (2020). Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran Ips Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(1), 8–15. https://doi.org/10.23887/pips.v4i1.3164
Sapitri, D. W., Adawiah, R., Ulfa, Y. R., & Andriani, O. (2024). Bentuk Layanan Pendidikan Bagi Anak Inklusi. Journal Sains Student Research, 2(1), 331–341. https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jssr/article/view/553
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya peningkatan pendidikan berkualitas di Indonesia: Analisis pencapaian sustainable development goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096-7106.
Sugiyono, P. D. (2010). Metode Peneliian. Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.
Syarifudin, S. (2010). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Studi Pada Rsia Bunda Aliyah Jakarta (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng).
Sunarti, N. T. S. (2021). Webinar tentang Peningkatan Pengetahuan Remaja Putri Dalam Mengatasi Dismenore di Masa Pandemi COVID-19. J. Abdimas: Community Health, 2(2), 43-49.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Deepublish
Uran, R. R., Kase, E. B. S., & Adinuhgra, S. (2021). Perilaku Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Tentang Perilaku Belajar Peserta Didik Kelas Iv Sd Negeri 1 Oebobo Kupang Tahun Ajaran 2020/2021). Selidik (Jurnal Seputar Penelitian Pendidikan Keagamaan), 2(2), 50–65. https://doi.org/10.61717/sl.v2i2.54
Warsah, I. (2022). Evaluasi Pembelajaran ( Konsep . Fungsi dan Tujuan ). Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1, 190.
Wiwik, B. (2022). Analisis Tren Perkembangan Kinerja Investasi Asing Menurut Bidang Usaha Sebelum dan Sesudah Pandemi Covid 19 di Jawa Timur. Develop, 6(2), 57-76.
DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v6i1.398
Refbacks
- There are currently no refbacks.