PENINGKATAN KOMPETENSI DAN KINERJA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MAN 3 JEMBER

Nur Nafi'atul Jannah, Eka Khoirena Firdausy, Yusmi Afrida, Dina Talitha Salsabila, Rofiq Hidayat

Abstract


Pendidikan sebagai ujung tombak dalam proses pembelajaran dituntut untuk terus mengembangkan diri dan meningkatkan kompetensinya. Kompetensi, kinerja pendidik dan tenaga kependidikan merupakan faktor penting dalam meningkatkan mutu pendidikan serta keberhasilan peserta didik. Penelitian ini bertujuan; 1) untuk mengetahui pengertian kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, 2) untuk mengetahui kompetensi pendidik dalam Al-Qur’an, hadist dan sisdiknas, 3) untuk mengetahui upaya peningkatan dan pengembangan kompetensi pendidik serta tenaga kependidikan, 4) untuk mengetahui penguatan kompetensi madrasah, 5) untuk mengetahui sertifikasi guru, dan 6) untuk mengetahui strategi peningkatan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember. Penelitian ini dilakukan terhadap pelaksanaan pengembangan kompetensi pedagogik di MAN 3 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kompetensi professional dan pedagogik, serta kinerja guru dalam pembelajaran setelah mengikuti program pelatihan. Temuan ini mengindikasikan bahwa investasi dalam pengembangan program berkelanjutan bagi pendidik dan tenaga kependidikan dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Kata kunci:  Kompetensi kinerja, Pendidik, Tenaga kependidikan


Keywords


Kompetensi kinerja, Pendidik, Tenaga kependidikan

Full Text:

PDF

References


Abubakar, A. (2016). Dampak sertifikasi guru terhadap kualitas pendidikan pada madrasah aliyah di kota kendari. Al-Qalam, 21(1), 117-128.

Ambar, T., & Sulistiyani, R. (2013). Manajemen sumber daya manusia: konsep, teori dan pengembangan dalam konteks organisasi publik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Danim, Sudarwan. 2010. Inovasi Pendidikan. Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Dilshad, M., & Iqbal, H. M. (2010). Quality indicators in teacher education programmes. Pakistan Journal of Social Sciences, 30(2), 401-411.

Emda, A. (2016). Strategi Peningkatan Kinerja Guru Yang Profesional. Lantanida Journal, 4(2), 111-117.

Fatmawanda, S. (2016). Pengembangan Kompetensi Tenaga Kependidikan Di Universitas Negeri Makassar. Jurnal Office, 2(2), 109-114.

Fitriyah, R. N. (2019). Pengembangan kompetensi guru di era revolusi industri 4.0 melalui pendidikan dan pelatihan.

Jamin, H. (2018). Upaya meningkatkan kompetensi profesional guru. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 19-36.

Jihad, A. (2013). Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Penerbit Erlangga.

Kemdiknas. (2010). Pelayanan Prima. Bahan Pembelajaran Diklat Prajabat Golongan III (Edisi Kedua Cetaka Kedua 2010). Depok: Pusat Pendidik da Pelatihan Pegawai Kemdiknas.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sertifikasi Guru dalam Jabatan. Buku 4 Rambu-Rambu Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). 2013. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan.

Kristiawan, M., & Asvio, N. (2018). Pengelolaan Administrasi Madrasah Tsanawiyah Negeri Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Madrasah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 86-95.

Kusuma, A. I., Sari, W. P., & Hikmawati, A. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Melalui Pelatihan Teacherpreneur Berbasis Digital Profile Builder. Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2476-2487.

Lubis, W. (2017). Manajemen Pendidik Dan Tenaga Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Edukandum, 10 (1), 1-12.

Maskur, H., Purwanto, P., & Choiriyah, S. (2021). Manajemen pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan pada madrasah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 715-724.

Muniroh, J., & Muhyadi, M. (2017). Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 161-173.

Nilwana, A. 2014. Kinerja Aparatur Negara Berbasis Kompetensi alam Masyarakat Desa di Kabupaten Sidenreng Rappang. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Permendiknas No. 24 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah.

Ritonga, AA, Lubis, Z., Lidan, A., Putra, E., Nasution, S., & Yuliana, Y. (2022). Manajemen Pendidikan Islam: Konsep Perencanaan Ditinjau dari Ayat Al-Qur'an. Pendidikan: Jurnal Pendidikan, 4 (1), 1323-1331.

Rusdiana, A. (2015). Kebijakan pendidikan: Dari filosofi ke implementasi.

Sa’adah, N. L. (2018). Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik dan Kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sidoarjo (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Salamah, I., Lindawati, L., Asriyadi, A., & Kusumanto, RD (2020). Meningkatkan kemampuan guru SD Negeri 130 Palembang dalam menyajikan presentasi yang menarik melalui pelatihan Microsoft Power Point. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (1), 52-62.

Shoimin, Aris. 2013. Excellent Teacher, Meningkatkan Profesionalisme Guru Pasca Sertifikasi. Semarang: Dahara Prize

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Surya, P. (2012). Peran penting tenaga administrasi sekolah dalam penguatan budaya sekolah untuk implementasi pendidikan karakter. In Makalah disajikan dalam Seminar Nasional dan Temu Alumni Dies Natalis ke-48 UNY Tahun.

Zuhri, I. M. (2021). MODEL PENGEMBANGAN MUTU SUMBERDAYA GURU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM: Model Of Teacher Resource Quality Development Of Islamic Educational Institutions. Fenomena, 20(1), 19-32.




DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v5i2.388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.