PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN JURANG PADA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan media papan jurang sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran pengurangan bersusun dengan subjek peserta didik kelas II Sekolah Dasar. Pada penelitian ini berlangsung dua tahap yang berulang, dimana pada setiap pertemuan peneliti menggunakan media pembelajaran papan jurang. Hasil penelitian ini menunjukkan dampak positif dari penggunaan media papan jurang pada materi pengurangan bersusun memberikan konstribusi yang signifikan terhadap peningkatkan hasil belajar. Melalui program ini, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan, dimana presentase peserta didik yang mencapai ketuntasan pada tahap pra-siklus yaitu sebanyak 47%, kemudian terdapat peningkatan yang cukup besar, mencapai 63% pada siklus I, dan pada siklus II sebesar 79%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa menggunakan media papan jurang dapat membantu memperjelas pemahaman peserta didik terhadap konsep matematika pada operasi pengurangan bersusun, sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang lebih aktif dan menyenangkan serta antusias saat pembelajaran berlangsung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainiyati, N., & Nuroso, H. (2023). Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Berbantu Media Patung Jurang di Sekolah Dasar.
Anggraini Aflah, H. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Parang (Papan Pengurangan) untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pengurangan Bersusun pada Mata Pelajaran Matematika Peserta Didik Kelas II SDN Pangongangan. Seminar Nasional Sosial Sains, 3(2), 581–586. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA
Dian Ayuningrum, K., Mushafanah, Q., & Kusniati, S. (2023). Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Jurang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas II SDN Karanganyar Gunung 02.
Firdaus, Z., Sunaryo, & Endang Haryuni. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Penjumlahan dan Pengurangan Berbantuan Media Papan Jurang. 1(1). https://doi.org/10.69533
Hadun, F., Herson Anwar, & Miftha Huljannah. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN JURANG PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. 4, 170–181.
Hafilda, N. E., Danawati, M. G., & Yayuk, E. (2024). Pengembangan Media Math Board Penjumlahan dan Pengurangan (Mabo Jurang) Materi Soal Cerita untuk Kelas 2 Sekolah Dasar. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(3), 433–441. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i3.666
Ica, P., A., Prayito, M., & Jannah, F. M. (2024). Efektivitas Pendekatan Teaching at The Right Level (Tarl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Pedurungan Kidul 01. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 1676–1685.
Listiyaningrum, A., & Prihatni, Y. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar Tematik Problem Based Learning Berbasis Media Patung Jurang Kelas II SDN Corongan (Vol. 2, Issue 2).
Mailiarni. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 08 SALIMPAUNG.
Maliasih, Hartono, & Nurani. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Nurmilawati, Yunda Hardiati, & Petrus Fendiyanto. (2023). ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN JURANG (PANJURANG) MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS 1 SD NEGERI 007 SUNGAI PINANG.
Pulungan, M., Harahap, N., Botung Hasibuan, S., & Barumun Raya Sibuhuan, S. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 0514 SIALI-ALI. 8(3).
Rahmi, A., 1✉, H., Alamsyah, B. N., Mushlihuddin, R., & Purba, E. (n.d.). Penerapan Pendekatan TARL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Bantuan Media Quizizz Di Kelas I SD Negeri 067240 Medan Tembung. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 11625–11641. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Rosiana, E. A., Retno Utaminingsih, & Novi Kristiani. (2023). Peningkatan Hasil Dan Minat Belajar Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Menggunakan Papan Jurang Pada Siswa Kelas III SD Negeri Suryodiningra. Peningkatan Hasil Dan Minat Belajar Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Menggunakan Papan Jurang Pada Siswa Kelas III SD Negeri Suryodiningratan 2.
Sahara, D. P., Katulung, M., & Nurhartina, A. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Pembelajaran Papan Jurang Pada Siswa Kelas II SD YPK Bethania Mariadei.5. https://doi.org/10.37680/almikraj.v5i01.6072
DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v5i2.370
Refbacks
- There are currently no refbacks.