PERAN GURU DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Siti Sarah, Yeni Wardatunnissa, Yuyun Yuningsih Ratnasari, Eva Nursa'ban

Abstract


Pendidikan karakter di sekolah dasar memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian dan nilai moral siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran guru dalam penerapan pendidikan karakter dan memahami dampaknya pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berfungsi sebagai teladan dan mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam aktivitas pembelajaran sehari-hari. Namun, terdapat tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan pengaruh negatif dari lingkungan luar. Pendidikan karakter yang efektif dapat meningkatkan perkembangan moral dan sosial siswa, serta mendukung prestasi akademik mereka. Oleh karena itu, diperlukan dukungan dari orang tua dan komunitas untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pendidikan karakter.


Keywords


Character education; Primary school; Teacher's role; Moral development; Parental support

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S. (2023). Teacher Competencies in Character Strengthening for Early Childhood. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 17(2), 229–240. https://doi.org/10.21009/JPUD.172.04

Akbar. (2024). Character Education in Educational Learning Citizenship for Develop Character Student Elementary School. International Journal of Students Education, 133–137. https://doi.org/10.62966/ijose.vi.750

Bestari, M., & Nurhayati. (2023). Exploration of Strategies to Enhance the Character Education of Students for the Development of High-Quality Indonesian Human Resources. Enigma in Education, 1(1), 16–20. https://doi.org/10.61996/edu.v1i1.4

Fajrianti, & Kaif, S. H. (2024). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS V SDN I KAUBULA. JISPE Journal of Islamic Primary Education, 5(01), 11–20. https://doi.org/10.51875/jispe.v5i01.287

Handoko, H., Sartono, E. K. E., & Retnawati, H. (2024). The Implementation of Character Education in Elementary School: the Strategy and Challenge. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(4), 619–631. https://doi.org/10.23887/jisd.v7i4.62102

Islamiati, A., & Neviyarni. (2023). MEMPERKUAT KARAKTER MELALUI LANDASAN FILOSOFI MENGGALI POTENSI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1375–1393. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.872

Lestari, K. A., Julia, A., Putri, N. A., Darusalam, M. R., Caturiasari, J., & Wahyudin, D. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Moral Anak Sekolah Dasar. Jurnal Sinektik, 6(2), 97–105. https://doi.org/10.33061/js.v6i2.9085

Magdalena, I., Nurcahyati, A., Sakina, S. P., Azahra, A., Rohmadona, A., Nabila, P., & Anggraeni, R. (2023). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Peserta Didik pada Siswa Kelas III MI Al-Irsyad Kota Tangerang. ANWARUL, 3(5), 1017–1023. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i5.1454

Nazifah, R., & Khairat, A. (2023). The Influence of Teacher Ethics in Forming the Character of Primary School Students. International Journal of Humanities, Education, and Social Sciences, 1(1), 36–45. https://doi.org/10.58578/ijhess.v1i1.1848

Sakti, S. A., Endraswara, S., & Rohman, A. (2024). Integrating Local Cultural Values into Early Childhood Education to Promote Character Building. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 23(7), 84–101. https://doi.org/10.26803/ijlter.23.7.5

Sri Armini, N. N. (2024). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Lingkungan Sekolah Sebagai Upaya Membentuk Pondasi Moral Generasi Penerus Bangsa. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 113–125. https://doi.org/10.37329/metta.v4i1.3005

Takiling, W. (2023). CHARACTER EDUCATION IN PRIMARY SCHOOLS(LITERATURE REVIEW STUDY). Teaching English as a Foreign Language Overseas Journal, 11(3), 165–172. https://doi.org/10.47178/hrmhch92

Turner, C., Prasasti, I. H., Baihaqi, Y., & Andewi, W. (2024). The Role of The Teacher as a Model in Forming Character Education in Primary School Students. International Journal of Education, Culture and Technology, 1(1), 47–52. https://doi.org/10.69747/edu-ij.v1i1.53




DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v5i2.363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.