PENGARUH INOVASI DIGITAL TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA DI SEKOLAH DASAR: ANALISIS BIBLIOMETRIK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24
Aires, L. (2014). From Dissemination to the Domestication of Digital Technologies in Rural Communities: Narratives of Parents and Teachers. Mind, Culture, and Activity, 21(4), 337–352. https://doi.org/10.1080/10749039.2014.947654
Al Haddar, G. (2023). Pengembangan Keterampilan Digital melalui Pembelajaran Daring: Sebuah Eksplorasi Dampak. Jurnal Pendidikan West Science, 1(08), 554–569. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i08.603
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (Basastra) di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Amaliyah, N. R. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran 4.0 bagi Tenaga Pendidik Sekolah Dasar Jakarta. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 43. https://doi.org/10.30997/dt.v8i1.3342
Anugerah, S., Ulfa, S., & Husna, A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) Untuk Siswa Tunarungu Di Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 76–85. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p076
Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., & Amalina, N. (2019). Analisis Hubungan Kompetensi Bahasa Indonesia Terhadap Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 1. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.2832
Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104–113. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1750
Hattie, J. (2008). Visible Learning: A synthesis of over 800 meta-analyses relating to achievement. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203887332
Hendra Apriyadi, Ade Hikmat, & Imam Safi’i. (2024). Pemanfaatan Quantum Teaching dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia: Analisis Produktivitas Penelitian Berbantuan Publish Or Perish. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 906–914. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3395
Herani, N. E. (2021). Pemanfaatan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1), 59–67. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.193
Heriwan, D., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 673–680. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.416
Judijanto, L., & Yulianti, S. D. (2024). Analisis Bibliometrik tentang Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi dalam Konteks Era Digital. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 2(02), 106–114. https://doi.org/10.58812/spp.v2i02.390
Kamar, K., Asbari, M., Purwanto, A., Nurhayati, W., Agistiawati, E., & Sudiyono, R. N. (2020). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Praktek Pola Asuh Orang Tua Berdasarkan Genetic Personality. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 75. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.10196
Kurniawan, M. S., Wijayanti, O., & Hawanti, S. (2020). Problematika dan Strategi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1). https://doi.org/10.30595/.v1i1.7933
Liana, L., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Problem Based Learning Pada Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(3), 289–298. https://doi.org/10.17977/um031v8i32021p289
Macrory, G., Chrétien, L., & Luis Ortega-Martín, J. (2012). Technologically enhanced language learning in primary schools in England, France and Spain: Developing linguistic competence in a technologically enhanced classroom environment. Education 3-13, 40(4), 433–444. https://doi.org/10.1080/03004279.2012.691376
Mardiana, D., Teguh Supriyanto, R. M., & Pristiwati, R. (2021). Tantangan Pembelajaran Abad-21: Mewujudkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Mengaplikasikan Metode Pengajaran Bahasa. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 1–18. https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2519
Mukmin, B. A., & Primasatya, N. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Macromedia Flash Berbasis K-13 Sebagai Inovasi Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 5(2), 211–226. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13854
Natalia, S. A. M. K. D., & Setiawan, I. K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Nawala Visual, 2(1), 9–19. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v2i1.56
Oya, A. (2024). Evaluation of Assessment Projects in English Language Education: A Bibliometric Review. ASEAN Journal of Educational Research and Technology, 3(3), 255–266.
Oya, A., Parmiti, D. P., Jampel, I. N., Candiasa, I. M., & Susilawati, A. (2024). Dimension of Attitudes in Flipped Learning: Enjoyment, Engagement, Motivation, Behavioral Intention, and Perception. IJOLE: International Journal of Language Education, 8(3), 438–454. https://doi.org/10.26858/ijole.v8i3.66489
Pratiwi, B., & Puspito Hapsari, K. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 282. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238
Prihatini, A. (2023). Perkembangan penelitian pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua: Analisis bibliometrik. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 9(1), 56–75. https://doi.org/10.22219/kembara.v9i1.23216
Robillard, M., & Mayer-Crittenden, C. (2014). Use of Technology as an Innovative Approach to Non-Linguistic Cognitive Therapy. The International Journal of Technologies in Learning, 21(1), 81–96. https://doi.org/10.18848/2327-0144/CGP/v20i01/49128
Rukmana, A. Y., Supriandi, & Wirawan, R. (2023). Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan: Analisis Literatur Mengenai Efektivitas dan Implementasi. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 460–472. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.541
Susilo, S. V. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100
Way, J., Webb, C., & Jeffery, P. L. (2007). Pedagogy, Innovation and E-learning in Primary Schools. Proceedings Of The 2006 Australian Association For Research In Education (Aare) Annual Conference. http://www.aare.edu.au/confpap.htm
Zainuddin, G. B., Ramlan, S. R. B., Masrop, N. A. B. M., Sahrir, M. S. B., & Abdullah, E. B. (2021). Teachers’ Perspectives on Digital Game-Based Language Learning for Arabic Language in Malaysian Primary Schools: Proceedings of the 4th International Conference on Sustainable Innovation 2020–Social, Humanity, and Education (ICoSIHESS 2020). 4th International Conference on Sustainable Innovation 2020–Social, Humanity, and Education (ICoSIHESS 2020), Yogyakarta, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210120.157
DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v5i1.354
Refbacks
- There are currently no refbacks.