Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Mandiri pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SDN Pasar Kliwon Surakarta Tahun Pelajaran 2023/2024
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminah, A., Hairida, H., & Hartoyo, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar.JurnalBasicedu,6(5),8349–8358
Apriani, Y., Sarilah, S., & Suarti, N. K. A. (2023). Hubungan Pemahaman Diri Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 11 Mataram. Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 387–392.
Kahfi, A. (2022). Implementasi profil Pelajar Pancasila dan implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. Dirasah-Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 5(2), 139-149
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pembukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Kemendikbud Ristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Khairiyah, U., Gusmaniarti, Asmara, B., Suryanti, Wiryanto, & Sulistiyono. (2023). Fenomena Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 7(2), 172–178.
Lestari, H. A., Anggraeni Siwi, D., & Prasetyo, K. (2023). Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Nilai Karakter Mandiri Dalam Menumbuhkan Budaya Akademik Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 2 Bolopleret. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata,4(3),723–731. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i3.1063
Masdianah. (2010). Hubungan antara resiliensi dengan prestasi belajar anak binaan Yayasan Smart Ekselensia Indonesia. 1–70.
Nova & Widiastuti. (2019). Pembentukan karakter mandiri anak melalui kegiatan naik transportasi umum. Jurnal comm-edu. 113–118.
Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. 28, 42–52.
Purwaningsih, A. Y., & Herwin, H. (2020). Pengaruh regulasi diri dan kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan,13(1),22-30. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.29662.
Suryaningsih, S., Arwan, & Rahma, N. (2024). Development of Teaching Materials Based on Strengthening the Pancasila Profile of Science and Science Subjects To Improve Critical-Creative. Jurnal Cakrawala Pendas, 10(4), 928–941. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v10i411309
DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v5i2.317
Refbacks
- There are currently no refbacks.