UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 1 KARANGNANAS

Siti Nur Janah, Efi Miftah Faridli, Soimah Soimah

Abstract


Kesadaran lingkungan peserta didik akhir ini sedang menurun serta rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPAS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPAS tentang pengolahan sampah. Sumber data penelitian ini adalah Siswa Kelas V B SD Negeri 1 Karangnanas dengan jumlah peserta didik sebanyak 24 siswa. Waktu penelitian dilakukan pada semester 2 tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif adalah data yang diperoleh dari hasil tes formatif pada setiap siklus. Sedangkan data kualitatif berupa hasil survei berupa kuesioner pada siklus  II pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian diperoleh dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada pra siklus terdapat 33% yang mendapat nilai di atas KKM. Pada siklus 1 meningkat menjadi 42%. Pada siklus II meningkat menjadi 92% dan nilai rata-rata kelas pada siklus II adalah 76,8. Data dari kuesioner kesadaran lingkungan di awal pembelajaran dan akhir pembelajaran pada siklus II, prosentase kenaikan 22%. Kesimpulan dari penelitian perbaikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project-based Learning dapat meningkatkan kesadaran lingkungan dan hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPAS.

 

Kata kunci : Kesadaran lingkungan, Hasil Belajar, Model Pembelajaran PjBL, Pembelajaran IPAS


Keywords


Kesadaran lingkungan, Hasil Belajar, Model Pembelajaran PjBL, Pembelajaran IPAS

Full Text:

PDF

References


Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning ( Pjbl ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi : Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 49–60.

Dasrita, Y., Saam, Z., Amin, B., & Siregar, Y. I. (2015). Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah Adiwiyata. Dinamika Lingkungan Indonesia, 2(1), 61. https://doi.org/10.31258/dli.2.1.p.61-64

Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Hutapea, J., & Simanjuntak, M. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 5(1), 183–193. https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i1.6597

Nurrita, T. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. 03, 171–187.

Suryaningsih, S., Arwan, & Rahma, N. (2024). Development of Teaching Materials Based on Strengthening the Pancasila Profile of Science and Science Subjects To Improve Critical-Creative. Jurnal Cakrawala Pendas, 10(4), 928–941. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v10i411309

Winanda, Z., Zainil, M., & Pusra, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Di Kelas V SD Negeri 20 Indarung Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3284–3297. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1385




DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v5i2.283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.