PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI DI TINGKAT SEKOLAH DASAR
Abstract
Pembelajaran IPA hendaknya dapat dilaksanakan secara interaktif, menyenangkan, memotivasi siswa untuk lebih aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Hal ini selaras dengan konsep pembelajaran berbasis inkuiri, yakni pendekatan pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai pemain utama dalam proses pembelajaran. Namun, penerapan pembelajaran berbasis inkuiri khususnya pada pembelajaran IPA masih terbatas. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan tinjauan literatur tentang pendekatan pembelajaran IPA berbasis inkuiri di SD. Tujuan penulisan tinjauan literatur ini adalah untuk (1) mendeskripsikan pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri, (2) menjelaskan hasil penerapan pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri, dan (3) menganalisis peluang peluang penerapan pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri dalam pembelajaran IPA di SD. Tinjauan literatur ini diperoleh dari artikel penelitian ilmiah dari rentang tahun 2014-2022 yang dapat diakses fulltext dalam format pdf dengan menggunakan google scholar dan mendapatkan 15 artikel dengan kata kunci pembelajaran IPA berbasis inkuiri di SD. Berdasakan hasil analisis tinjauan literature dapat disimpulkan (1) metode inkuiri memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berkomunikasi yang esensial dalam memahami konsep-konsep IPA, (2) pembelajaran berbasis inkuiri mendorong siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif , dan (3) pendekatan pembelajaran IPA berbasis inkuiri juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, serta terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A. N., & Boleng, B. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuri dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6).
Ahsani, M. S., Yulianti, D., & Khanafiyah, S. (2015). Pembelajaran Ipa Berbasis Inkuiri Berbantuan Komik Sains Untuk Mengembangkan Karakter Siswa. Unnes Physics Education Journal, 4(3), 73–81.
Assarani, Kartono, & Halidjah, S. (2014). Penggunaan Metode Inkuri Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Universitas Tanjungpura Pontianak.
Azizah, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 106. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5358
Dalifa. (2018). Pengembangan Buku Ipa Sd Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Berpikir Kritis Terhadap Lingkungan Dan Fenomena Alam Bagi Siswa SD. Jurnal PGSD, 9(3), 347–351. https://doi.org/10.33369/pgsd.9.3.347-351
Devi, K. P., & Anggraeni, S. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD dan MI Kelas VI. In Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Sekolah Dasar. 6(6), 3(2), 524–532.
Hamalik, O. (1993). Strategi belajar mengajar. Penerbit Mandar Maju.
Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103–111. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111
Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Journal of Education Action Research, 1(2), 122. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12045
Juri, M. (2008). Belajar di Alam Lebih Meningkatkan Gairah Belajar IPA Siswa.
Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). Model Pembelajaran IPA SD. In D. S. Wardani (Ed.), Edutrimedia Indonesia (1st ed., Issue February). Edutrimedia Indonesia.
Khair, B. N., Susilo, H., & Suarsini, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Siswa Kelas V SD. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 97–108. https://doi.org/10.30651/else.v2i1.1426
Marta, E. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Pada Pembelajaran Ipa Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Rokania, 2(2l), 188.
Nurdyansyah, N. (2016). Developing ict-based learning model to improve learning outcomes ipa of sd fish market in sidoarjo. Jurnal Tekpen, 1(2).
Nurhani, Paluin, Y. K., & Tureni, D. (2014). Penerapan Metode Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN 3 Siwalempu. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(2), 90–105. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3398
Panjaitan, L. A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inqury Training dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Ssiswa Pada Materi Fluida Statis Kelas XI SMA Negeri 4 Kisaran TP 2015/2016. UNIMED.
Putra, P. (2017). Penerapan Pendekatan Inkuiri pada Mata Pelajaran IPA untuk Mengembangkan Karakter Siswa di SDN 01 Kota Bangun. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 28–47.
Sari, F. F. K., & Lahade, S. M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Sikap Ilmiah Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(1), 797–802. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1973
Sutarningsih, N. L. (2022). Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(1), 116. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44929
Umami, R., Pasaribu, M., & Rede, A. (2015). Penerapan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Inpres Bawajali Kecamatan Lariang Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(2).
Wenno, I. H., Esomar, K., & Sopacua, V. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Dan Pencapaian Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(3), 378–385. https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.10706
Windrayanti, N. M. F., & Astawan, I. G. (2022). Video Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Perpindahan Panas di Sekitar Kita. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 118–126. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46540
DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v5i2.216
Refbacks
- There are currently no refbacks.