PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD II MAHASISWA STKIP HARAPAN BIMA

Sri Suryaningsih, Nurlailatun Ramdani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan dan peningkatan hasil belajar mahasiswa semester VI pada mata kuliah pembelajaran matematika SD II. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan tes. Analisis data menggunakan rumus N-gain dan mendeskripsikan proses pembelajaran inti yang diterapkan dengan menggunakan model PjBl. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan model PjBL, peningkatan tertinggi sebanyak 7 mahasiswa, sedang sebanyak 18 mahasiswa, dan rendah sebanyak 10 mahasiswa, ditunjukan juga dengan skor minimal pre-test 10 dan post-test 15 sedangkan skor maksimal pada pre-test 78 dan post-test 95. Penerapan model PjBL ini dapat dilakukan bukan hanya pada matakuliah pembelajaran matematika SD II akan tetapi pada matakuliah yang lain juga dengan artikel ini sebagai panduan dalam mengaplikasikan langkah pembelajarannya. Perbaikan pada langkah mendesain perencaan proyek agar dosen lebih menfokuskan untuk seluruh mahasiswa ikut berpartisipasi sehingga hasil belajar lebih banyak mengalami peningkatan pada tahap tinggi.

Keywords


Model Project Based Learning; Hasil Belajar Mahasiswa; Pembelajaran Matematika Kelas Tinggi Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Azizah, W. A., Sarwi, S., & Ellianawati, E. (2020). Implementation of Project -Based Learning Model (PjBL) Using STREAM-Based Approach in Elementary Schools. Journal of Primary Education, 9(3), 238–247. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i3.39950

Bytyqi, B. (2021). Project-Based Learning: a Teaching Approach Where Learning Comes Alive. Journal of Teaching English for Specific and Academic Purposes, 9(4), 775–777. https://doi.org/10.22190/JTESAP2104775B

Creswell, J. W. (2017). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Pustaka Pelajar.

Erisa, H., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 1–11. https://doi.org/doi.org/10.21009/JPD.012.01

Fahrurrozi, F., Sari, Y., & Rahmah, A. (2022). Pemanfaatan Model Project Based Learning sebagai Stimulus Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3887–3895. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2794

Febriyanti, A., Susanta, A., & Muktadir, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Tematik Muatan Pelajaran IPA Peserta Didik Kelas V SD Negeri. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2), 176–183. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i2.14130

Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 307–314. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870

Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Cakrawala Pendas, 3(2), 57–63.

Lestari, I., & Ilhami, A. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Smp: Systematic Review. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 135–144. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.238

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT. Refika Aditama.

Made, A. M., Ambiyar, A., Riyanda, A. R., Sagala, M. K., & Adi, N. H. (2022). Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Mesin. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5162–5169. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3128

Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684

Purwaningsih, E., Sari, A. M., Yuliati, L., Masjkur, K., Kurniawan, B. R., & Zahiri, M. A. (2020). Improving the problem-solving skills through the development of teaching materials with STEM-PjBL (science, technology, engineering, and mathematics-project based learning) model integrated with TPACK (technological pedagogical content knowledge). Journal of Physics: Conference Series, 1481(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012133

Rosyidah, N. D., Kusairi, S., & Taufiq, A. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model STEM PjBL disertai Penilaian Otentik pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(10), 1422–1427.

Suryaningsih, S. (2022). PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS IV SD MELALUI MODEL LEARNING CYCLE. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 01(02), 6–11.

Suryaningsih, S. (2023). Perbedaan Self Confidence Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Talking Stick. Jurnal Ilmiah Mandala Edication (JIME), 9(1), 862–869. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4626/http

Suryaningsih, S., Ngabekti, S., & Yusuf, A. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Talking Stick. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah, 5(3), 484–495. http://103.76.50.195/JIKAP/article/view/22836

Trimawati, K., Kirana, T., & Raharjo, R. (2020). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN IPA TERPADU DALAM PEMBELAJARAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA SMP. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 36–52. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i1.7606




DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v4i1.183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.