Peningkatan Aktivitas, Motivasi, dan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Media Visual

Rostati Rostati

Abstract


Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 3 Belo, proses pembelajaran IPS khususnya pada siswa kelas VIII C terkesan kurang menarik. Peserta didik cenderung pasif, aktivitas dan motivasi serta nilai KKM nya masih rendah, terbukti pada saat peneliti mengadakan observasi diperoleh data dari 26 siswa yang mencapai nilai KKM baru empat (4) siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, motivasi dan prestasi belajar IPS kelas VIII C SMP Negeri 3 Belo Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan melalui media visual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melalui media visual. Subjek PTK ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Belo sebanyak 26 siswa. Metode pengumpulan data berupa observasi dan hasil ulangan siswa. Teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dengan menggunakan media visual yang dilakukan dengan tiga siklus dapat meningkatkan aktivitas, motivasi, dan prestasi belajar IPS, ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah siswa yang melampaui nilai KKM. Pencapaian ketuntasan sebanyak 6 siswa (23,08%) meningkat menjadi 9 siswa (34,61%) pada akhir siklus I, dan meningkat menjadi 14 siswa (53,85%) pada akhir siklus II, serta meningkat menjadi 19 siswa (73,08%) pada akhir siklus III. Media visual dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VIII C SMP Negeri 3 Belo, karena dengan melalui media visual dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan.

Keywords


Media Visual, Aktivitas, Motivasi, dan Prestasi Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Djamarah, dkk. (2012). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya, Usaha Nasional

Muhibbin. (2003). Psikologi Belajar, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada Panen,

Paulina, (2002), Belajar dan Pembelajaran I. Jakarta; Universitas Terbuka.

Suwarsih M. (1994) Seri Metodologi Penelitian Panduan Peneitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.

Wiriaatmaja R. (2006), Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung, PT Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v4i1.180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.