Peran Lembaga Pendidikan dalam Sistem Pendidikan Indonesia

Dimas Bagus Irsalulloh, Binti Maunah

Abstract


Penelitian ini menganalisis pendidikan informal, formal, dan nonformal di Indonesia melalui pendekatan kajian kepustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis literatur dari buku, artikel, jurnal ilmiah, dan dokumen terkait lainnya. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan fokus pada analisis data yang telah ada sebelumnya dalam bentuk artikel dan dokumentasi lainnya.Pendidikan, yang berasal dari kata "to educate," mencakup segala kegiatan dan perbuatan yang terkait dengan fenomena pendidikan. Ini melibatkan transfer pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan dari generasi sebelumnya kepada generasi berikutnya untuk memenuhi kebutuhan pengetahuan jasmani dan rohani. Pendidikan memiliki tiga jalur lembaga pendidikan, yaitu informal, formal, dan nonformal.Pendidikan informal adalah pembelajaran yang terjadi secara tidak disengaja dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam keluarga, pekerjaan, organisasi, atau interaksi sosial sejak lahir hingga akhir hayat. Pendidikan formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang, sedangkan pendidikan nonformal adalah aktivitas pendidikan di luar sistem sekolah yang terorganisir, sistematis, dan dilakukan secara mandiri untuk mencapai tujuan pendidikan khusus.Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pendidikan informal, formal, dan nonformal di Indonesia, serta relevansinya dalam konteks pendidikan nasional. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat dalam mengembangkan kebijakan dan praktik pendidikan


Keywords


pendidikan, informal, formal, non-formal

Full Text:

PDF

References


Bintank, B., & Maunah, B. (2022). Pendidikan Dalam Berbagai Pendekatan Dan Teori Pendidikan. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 16(1), 40-53.

Binti, M. (2009). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Teras.

Bolotio, R., Hadirman, H., & Musafar, M. (2021). Prolematika Pengelolaan Pendidikan Islam Non-Formal Pada Komunitas Muslim. Jurnal Ilmiah Iqra', 15(1), 32-47.

Fadhilah, I. A., & Maunah, B. (2021). Manusia sebagai Makhluk yang Perlu dan Dapat Dididik. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 15(2), 254-268.

Haerullah, H., & Elihami, E. (2020). Dimensi perkembangan pendidikan formal dan non formal. Jurnal edukasi nonformal, 1(1), 199-207.

Husti, I. (2022). Pendidikan Formal, Non Formal dan Informal dalam Desain Hadits Tarbawi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(2), 485-492.

Maunah, B. (2015). Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia: Kajian Deskripsi-Analitik Model Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Empirisma, 24(2), 264-274.

Senpai, G. T. A. (2014). Blended learning and cyber non formal education. CV. Garuda Mas Sejahtera.

Sudiapermana, E. (2009). Pendidikan informal. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2).

Sulfemi, W. B. (2019). Modul Manajemen Pendidikan Non Formal.Online: Diakses tanggal 11 Oktober 2023. Pada link https://osf.io/preprints/inarxiv/p9bez

Zuriatin, Z. (2022a). Perkembangan Pendidikan dan Pengajaran Masa Pendudukan Jepang Tahun 1942-1945. Pendikdas: Jurnal Pendidikan Dasar 3 (01): 24–30. https://doi.org/10.56842/pendikdas.v3i01.114.

——— (2022b). Merdeka Belajar Melalui Model Pembelajaran Blended Learning. Pendikdas: Jurnal Pendidikan Dasar 3 (2): 31–38. https://doi.org/10.56842/pendikdas.v3i2.148.




DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v4i2.164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.