Merdeka Belajar Melalui Model Pembelajaran Blended Learning

Zuriatin Zuriatin

Abstract


Merdeka belajar merupakan program kebijakan dari  Kemendikbud RI, Prinsip merdeka belajar diharapkan dapat mempercepat proses reformasi pendidikan di Indonesia yang selama ini dianggap tidak mengalami penigkatan. Medikbud bahkan menggagas istilah deregulasi pendidikan karena regulasi pendidikan selama ini dinilai menghambat proses pencapaian reformasi pendidikan bermuara pada kualitas dan mutu pendidikan di Indonesia. Perkembangan  ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat pada masa pandemic  covid 19 menuntut pendidik untuk melakukan inovasi pembelajaran di kelas dengan mengunakan model pembelajaran yang baru. Perkemambangan teknologi sangat mempengaruhi model pembelajaran dalam pendidikan yaitu pembelajaran jarak jauh (PJJ), sharing resource bersama antar lembaga pendidikan di dalam sebuah jaringan menjadi hal yang lumrah pada masa pandemi dan Era Merdeka Belajar saat ini. Di tengah banyaknya model, metode dan berbagai inovasi pembelajaran saat ini Blended Learning di nilai merupakan salah satu model pembelajaran yang efektif untuk di terapkan pada pelaksanaan pendidikan di era merdeka belajar saat ini yang sedang di terapkan di Indonesia

Keywords


Merdeka Belajar, Blended Learning.

Full Text:

PDF

References


Admin S.U. (2022) Blended Learning adalah: Pengertian, Kelebihan dan Kelemahan Juni 16, 2022 Agustus 15th, 2022, artikel di akses 01 Desember 2022

Ammas, S. (2021). Pembelajaran daring dalam perspektif merdeka belajar. Jurnal Sipatokkong Bpsdm Sulsel, 2(1), 35-45.

Bonk dan Graham. (2006). The Handbook of Blended Learning. USA: Pfeiffer.

Hatch, J. A. (2002). Doing qualitative research in education settings. Suny Press.

Putra, P., Liriwati, F. Y., Tahrim, T., Syafrudin, S., & Aslan, A. (2020). The students learning from home experience during covid-19 school closures policy in indonesia. Jurnal Iqra, 5(2). 30-42.

Herdiana, D. (2021, August). Inovasi proses pembelajaran daring bagi mahasiswa kelas karyawan di masa pandemi covid-19. In UrbanGreen Conference Proceeding Library, (pp. 129-137).

Meriam, S. B. (1988) Case Study Research In education; A Qualitative Approach. Penerbit: Jossey-Bass

Nurbani, D.F, Ardiansyah. D, Akbar, W.J, Prasetya, I.H, & Heriyanto, W. (2022). Buku Saku Merdeka Belajar Prinsip dan Implementasi Pada Jenjang Pendidikan SMA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Oktifa, N. (2022). ‘Metode Pembelajaran Blended Learning: Alternatif Metode Pembelajaran Efektif Saat Ini’ di akses 23 november 2022

Puspitasari, E. (2016). Inovasi pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(1).

Suhartono, O. (2021). Kebijakan merdeka belajar dalam pelaksanaan pendidikan di masa pandemi covid-19. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 1(1). 8-19




DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v3i2.148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.