PENERAPAN MODEL COURSE REVIEW HORAY KOLABORASI SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA KELAS III SD
Abstract
Melatih siswa berdiskusi bersama teman kelompok diharapakan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi pelajaran yang berdampak pada peningkatan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 1 Kaleo melalui penerapan model Course Review Horay kolaborasi Snowball Drilling. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes hasil belajar pada setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian siklus I diperoleh jumlah skor guru yaitu 10 dengan kategori cukup baik dan aktivitas siswa yaitu 34 dengan kategori cukup aktif dan rata-rata hasil evaluasi belajar siswa 76,13 dengan ketuntasan klasikal 77,27%. Sedangkan hasil penelitian siklus II diperoleh jumlah skor aktivitas guru yaitu 13 dengan kategori baik dan aktivitas siswa yaitu 44 dengan kategori aktif, sedangkan rata-rata hasil evaluasi belajar siswa 79,77 dengan ketuntasan klasikal 86,36%. Penerapan model Course Review Horay kolaborasi Snowball Drilling dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas III SDN 1 Kaleo.
Keywords
Full Text:
XMLReferences
Agustina, rahidatul laila, & Hidayatullah, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Direct Instructiondipadukan dengan Snowball Drilling untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SDN Jejangkit Muara 2. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 136–145.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian PendidikanA & A (Semarang), 35(1), 61–70. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13529
Hartono, B. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Metode Snowball Drilling untuk Meningkatkan Perhatian Siswa. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(01), 9–16. https://online-journal.unja.ac.id/edumatica/article/view/4636
Kusfabianto, I. J., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(2), 87–92. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jtam
Mediatati, N., & Suryaningsih, I. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 113–121. https://doi.org/10.33084/bitnet.v1i1.763
Meganingtyas, B. R., Winarni, R., & Murwaningsih, T. (2019). The Effect of Using Course Review Horay and Talking Stick Learning Methods Towards Social Science Learning Result Reviewed From Learning Interest. International Journal of Educational Research Review, 190–197. https://doi.org/10.24331/ijere.518053
Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 International Results in Mathematics. B oston, MA: Boston Collage. TIMSS & PIRLS Internasional Study Center.
NCTM. (2000). Principles And Standards For School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Melalui Pendekatan Open-Ended. Jurnal PRISMA, 4(2), 119–131.
DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v3i2.135
Refbacks
- There are currently no refbacks.