Strategi Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Pendidikan Anak Putus Sekolah di Desa Pai Kecamatan Wera

Irfan Irfan, M. Tahir, Nurhasanah Nurhasanah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi pemerintah Desa dalam meningkatkan mutu pendidikan anak putus sekolah Di Desa Pai Kecamatan Wera. Penelitian ini merupakan kajian yang mendalam guna memperoleh data yang lengkap dan terperinci, untuk itu pendekatan yang digunakan yakni deskriptif kualitatif, penentuan informan dengan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu yakni anak putus sekolah pada tingkat SD, SMP dan SMA. Teknik pengupulan data yakni wawancara, observasi dan dokumentasi lalu dianalisis dengan display data, ferifikasi data dan uji keabsahan data lalu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Pemerintah Desa melakukan observasi terlebih dahulu untuk mengetahui keberadaan anak-anak putus sekolah di tengah masyarakat Desa Pai. Mendata anak-anak putus sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, SMU yang putus sekolah supaya dapat memberikan pengarahan dan motivasi. Melakukan pendampingan terhadap orang tua anak-anak putus sekolah. Melakukan pembinaan terhadap anak-anak putus sekolah supaya termotivasi dan semangat untuk meraih cita-cita. Pemerintah Desa melakukan pendekatan  kekeluargaan lebih khususnya kepada anak itu sendiri supaya mentalnya akan tumbuh dan berkembang. Pemerintah Desa berupaya bekerjasama dengan lembaga dan instansi pemerintah yang berwenang dalam menuntaskan pendidikan wajib 9 Tahun dan anak-anak putus sekolah di tingkat SMP, SMU melalui program paket A,B,C supaya anak-anak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. 

Keywords


Strategi Pemerintah, Pendidikan, Anak Putus Sekolah

Full Text:

PDF

References


Bakar, dkk. (2012). Pengaruh Kapasitas Sumber daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi,dan kegiatan Pengendaliaan Terhadap Nilai Informasi Pelaporan Keuangan SKPD pada Provinsi Aceh. Jurnal Akuntansi. Pascasarjana Universitas Syiah Kuala

Dewi, dkk, (2014). Faktor-Faktor Penyebab Anak Lulusan SD Tidak Melanjutkan Ke SLTP. JPG (Jurnal Penelitian Geografi), 2(6)

Fadillah, M. (2013). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI,. SD/MTS, dan SMA/MA. Yogyakarta : Ar-Ruzz.

Fikri, Buana Bima. 1 (2020). Karakter Anak Dapat dibentuk Oleh Orang Tua Berkarakter (Studi Kasus pada 8 Keluarga di Desa Kaboro Kecamatan Lambu Kabupaten Bima). Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi 3. 23-30.

George Ritzer. (2014). Teori Sosiologi Modern. Jakarta : kencana edisi ke 7.

Gunawan. Arya, H. (2010). Sosiologi pendidikan: Suatu analisis sosiologi tentang pelbagai problem pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunarm D, Singgih. (2004). Psikologi Praktis Anak, Remaja dan Keluarga, Cetakan. 7. Jakarta: PT. Gunung Mulia

Irfan, dan Nurbayan. (2018). Gender dan Kemahasiswaan (Studi pada Keterlibatan Perempuan dalam Organisasi Kemahasiswaan di STKIP Bima). Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi 1.2 28-36.

Imron, Ali. (2004). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Malang: Deparmen Pendidikan Nasional.

Jamaluddin, A. (2015). Metode Penelitian Administrasi Publik (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Penerbit Gava Media

Kreimers, (1984). Sosiologi Umum, Jakarta: Bina Aksara

Musfiqon. (2007). Menangani yang Putus Sekolah. UMSIDA

Sedarmayanti, (2016). Sumber Daya Manusia dan Produktivas Kerja. Bandung: CV Mandar

Sukardi, (2005). Metodelogi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Prakteknya. Bumi Aksara. Jakarta

Sunarto. (1993). Pengantar Sosiologi. Yogyakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Wibowo, 2013. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers

Wirawan. (2006). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali.




DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v3i01.115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.