EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN DARING IPA BIOLOGI DIMASA PANDEMI COVID-19 MTs PUNTI KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Ferawati Ferawati, N Nurfathurrahmah, Siti Sarah

Abstract


Kondisi pembelajaran di MTs Punti tahun pelajaran 2021/2022 diterapkan pembelajaran secara daring sehingga pembelajaran tidak dapat dilaksanakan dengan tatap muka apa lagi dalam jumlah siswa yang banyak, selain dari permasalahan tersebut media belajar berupa handphone android semua siswa memiliki serta didukung oleh koneksi internet yang memadai sehingga memudahkan dalam proses pembelajaran secara daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektifitas media pembelajaran daring IPA Biologi dimasa pandemi covid-19  MTs Punti kelas VIII tahun pelajaran 2021/2022. Penelitan ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif.  Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Punti dengan 11 siswa yang pada saat kelas VII tahun ajaran 2020/2021 yang menggunakan media daring. Hasil penelitian menunjukan berdasarkan hasil analisis angket efektifitas media pembelajaran daring IPA Biologi dimasa pandemi covid-19 MTs Punti Kelas VIII di peroleh 9 siswa dengan kategori cukup efektif sebanyak 5,1%, sedangkan 2 siswa dengan kategori efektif sebanyak 1,3%. Hasil wawancara menunjukan pelaksanaan pembelajaran online menggunakan whatsApp group cukup lancar, tetapi ada sedikit kendala seperti konsentrasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini,  menunjukkan bahwa efektifitas media pembelajaran daring IPA Biologi dimasa pandemi covid-19 di MTs Punti kelas VIII tahun pelajaran 2021/2022 berada pada kategori cukup efektif.

Keywords


Efektifitas Media, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media.Internet and Higher Education.https://doi.org/10.1016/jjheduc.2013.06.002

Kumar, V., & Nanda, P. (2018). Social Media in Higher Education.International Journal of Information and Communication Technology Education.https://doi.org/10.4018/ijicte.2019010107

Mustakim. (2020). Efektifitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al-asma: Journal Of Islamic Education Vol.2, No.1, May.

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0.In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).

Riduwan dan Sunarto. (2007). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendididkan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Rosali, S.E. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya.Geography Science Education Journal (GEOSEE) Volume 1 Nomor 1. Tasikmalaya: Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi.

Sadikin A.,Hamidah A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19.Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Volume 6, Nomor 02, Tahun 2020, Hal.214-224. Jambi.Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi.

Sudjana dan Nurkencana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v2i2.83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.