Penggunaan Metode Jigsaw Berbasis Permainan (TGT dan Make A Match) dengan Memperhatikan Sikap Ilmiah dan Sikap Sosial Siswa SMA

Samsu Hilal, Titut Ariyanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Jigsaw berbasis permainan melalui TGT dan Make A Macth, sikap ilmiah dengan sikap sosial siswa terhadap prestasi belajar siswa. Populasi penelitian eksperimental ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Cepogo dengan jumlah sampel 144 siswa melalui cluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupa observasi dan tes. Rancangan penelitian dengan desain faktorial 2 x 2 x 2 dengan teknik analisa varian  tiga jalan dengan sel tak sama.  Hasil analisis menunjukkan bahwa metode pembelajaran Jigsaw-TGT dan Jigsaw-Make a macth memberikan pengaruh yang signifikan pada pembelajaran fisika konsep suhu dan kalor terhadap prestasi belajar siswa. Demikian pula variabel sikap ilmiah dan sikap sosial siswa memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar. Siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi memiliki semangat untuk mengembangkan sumber informasi dan perilaku siswa yang memiliki sikap sosial mempunyai kecenderungan mudah berinteraksi dan beradaptasi terhadap lingkungan belajarnya

Keywords


Metode Jigsaw, Sikap Ilmiah, Sikap Sosial, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Anita Lie. (2002) .Cooperative Leaning.Jakarta : Grasindo

Aren, Richard. (1997). Classroom Instruction and Management. Central Conecticut Stok University : The Mc Graw – Hill Compaanies Inc

Atkinson Rita, Atkinson Richard, Hilgard Ernest. (1999). Pengantar Psikologi . Jakarta : Erlangga

Budiyono. (2004). Statistik Untuk Penelitian. Surakarta : Sebelas Maret University Press.

Douglas Giancoli. (1998). Physics Fifth Edition (Terjemahan). Jakarta : Erlangga

Mardalis. (2003). Metodolagi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarata : Bumi Aksara

Nana Syaodih Sukmadinata. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Oemar Hamalik. (1992). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru

Ratna Wilis Dahar. (1989). Teori-teori Belajar. Jakarta : Erlangga

Saifuddin Azwar. (2005). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Jogjakarta : Pustaka Pelajar

Slameto. (1987), Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta

Suhadi. (2008). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, http : // Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Silakan Download « Suhadinet.wordpress.com.htm.[14 Juni 2008]

Widyaningsih, Wahyu. (2008). Kel. 3 Cooperative Learning sebagai Model Pembelajaran Alternatif untuk Meningkatkan Motivasi Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Makalah dipublikasikan melalui http://tpcommunity05.blogspot.com. Diakses pada tanggal 26 April 2008.




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v2i2.75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.