Kecerdasan Buatan Sebagai Sumber Motivasi: Perspektif Mahasiswa dalam Menyelesaikan Tugas Akhir
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran kecerdasan buatan sebagai sumber motivasi bagi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir skripsi. Dengan meningkatnya kompleksitas tugas akademik Dalam konteks peningkatan kompleksitas tugas akademik dan tingginya tekanan pada mahasiswa AI muncul sebagai salah satu alat untuk memberikan bantuan signifikannya dalam proses penelitian dan penulisan. Penelitian ini dilakukan melalui wawancara mahasiswa fakultas pertanian Untirta dari berbagai program studi dengan metode wawancara dan kualitatif. Penelitian ini mencoba untuk mengidentifikasi peranan bagaimana motivasi dapat ditingkatkan dan proses penyelesaiannya tugas akhir semester dapat dipercepat. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa mahasiswa yang menggunakan alat berbasis AI merasa lebih terorganisir dan mudah mengakses informasi dan mendapatkan umpan balik yang konstruktif, yang semuanya membuatnya lebih berinstrinsik bersemangat dalam prosesnya. Temuan ini membuktikan pentingya teknologi AI dalam pendidikan tinggi dan memberikan rekomendasi untuk program AI lanjutan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Annisa, P. S. M., Nasution, R. D., Nuran, A. A., & Yusuf, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran Contextual Oral Language Skills Sebagai Implementasi Revolusi Industri 5.0. Jurnal Darma Agung, 32(4), 176-187. http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i4.4475
Aulia, B. W., Rizki, M., Prindiyana, P., & Surgana, S. (2023). Peran Krusial Jaringan Komputer dan Basis Data dalam Era Digital. JUSTINFO| Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, 1(1), 9–20. https://doi.org/10.33197/justinfo.vol1.iss1.2023.1253
Farwati, M., Salsabila, I. T., Navira, K. R., & Sutabri, T. (2023). Analisa pengaruh teknologi artificial intelligence (AI) dalam kehidupan sehari-hari. Jursima, 11(1), 39-45. https://doi.org/10.47024/js.v11i1.563
Fitri, M. E. Y. (2019). Penggunaan Media Sosial Berdasarkan Perilaku Belajar Terhadap IPK. Jurnal Benefita, 4(3), 507. https://doi.org/10.22216/jbe.v4i3.4612
Gleneagles, D. B., Larasyifa, F., & Fawaiz, R. (2024). Peran Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) dalam Meningkatkan Efisiensi Proses Belajar dan Pembelajaran. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(5), 107-116. https://doi.org/10.5281/zenodo.11364580
Gumilang, G.S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2). 144-159. https://doi.org/10.52657/jfk.v2i2.218
Halim, C., & Prasetyo, H. (2018). Penerapan Artificial Intelligence dalam Computer Aided Instructure (CAI). Jurnal Sistem Cerdas, 1(1), 50-57 https://doi.org/10.37396/jsc.v1i1.6
Hermawan, L., Aritonang, S., & Asmoro, N. (2024). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) Untuk Pemeliharaan Alutsista Pesawat Tempur Dalam Meningkatkan Kesiapan Operasional TNI AU. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 1522-1532.
Misnawati. (2023). ChatGPT: Keuntungan, Risiko, Dan Penggunaan Bijak Dalam Era Kecerdasan Buatan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(1), 54–67. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i1.221
Muarif, J. A., Jihad, F. A., Alfadli, M. I., & Setiabudi, D. I. (2022). Hubungan perkembangan teknologi AI terhadap pembelajaran mahasiswa. Seroja: Jurnal Pendidikan, 1(2), 117-127. https://doi.org/10.572349/seroja.v1i2.548
Pakpahan, R. (2021). Analisa Pengaruh Implementasi Artificial. Journal of Information System, Informatics and Computing, 5(2), 506–513. https://doi.org/10.52362/jisicom.v5i2.616
Pratama, A. S., Sari, S. M., Hj, M. F., Badwi, M., & Anshori, M. I. (2023). Pengaruh Artificial Intelligence, Big data dan otomatisasi terhadap kinerja SDM di Era digital. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(4), 108-123. https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i4.2739
Patty, J., & Que, S. R. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Dalam Penulisan Artikel Ilmiah. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9318-9322. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20437
Rochmawati, D. R., Arya, I., & Zakariyya, A. (2023). Manfaat Kecerdasan Buatan Untuk Pendidikan. Jurnal Teknologi Komputer Dan Informatika, 2(1), 124-134. https://doi.org/10.59820/tekomin.v2i1.163
Sandy, F., Liling, D., & Pratama, M. P. (2023). Impelentasi Penggunaan Kecerdasan Buatan Dalam Pendidikan Tinggi. Prosiding Universitas Kristen Indonesia Toraja, 3(3), 111-117. https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i3.2295
Shadiqi, M. A. (2019). Memahami dan Mencegah Perilaku Plagiarisme dalam Menulis Karya Ilmiah. Buletin Psikologi, 27(1), 30. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.43058
Silalahi, E., Silalah, D., Tarigan, M. I., & Sinaga, R. V. (2024). Deteksi Plagiarisme Sebagai Peningkatan Integritas Akademik. Kaizen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3, 29–30.
Sofia, M., & Kamarullah, K. (2022). Coping Stress Pada Mahasiswa Menyusun Skripsi (Studi Kasus). Journal Of Healthcare Technology and Medicine, 8(2), 1369-1376. https://doi.org/10.33143/jhtm.v8i2.2434
Widodo, Y. B., Sibuea, S., & Narji, M. (2024). Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan: Meningkatkan Pembelajaran Personalisasi. Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, 10(2), 602-615. https://doi.org/10.37012/jtik.v10i2.2324
Yassir, M. & Saharuna, S. (2024). Pengaruh Artificial Intelligence (AI) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa yang Dimediasi oleh Motivasi Belajar dan Kreativitas. Jambura Journal of Educational Management, 45-54. https://doi.org/10.37411/jjem.v5i1.2921
DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v5i2.395
Refbacks
- There are currently no refbacks.