Pengembangan Video Animasi Berbasis Animaker Menggunakan Model ADDIE pada Topik Karakteristik Materi dan Perubahannya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran animasi IPA berbasis animaker yang valid dan praktis pada topik materi dan perubahannya menggunakan metode pengembangan ADDIE bagi siswa kelas VII SMPN 20 di Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, guru dan siswa, sedangkan data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran IPA berbasis animaker pada topik karakteristik materi dan perubahannya di kelas VII SMP yang dikembangkan memperoleh nilai validasi dari ahli materi sebesar 100% dan nilai dari ahli media sebesar 94.4% dengan kategori sangat valid. Sedangkan, hasil penilaian dari guru memperoleh nilai sebesar 88,75% dan nilai dari siswa sebesar 83,1% dengan kategori sangat praktis. Maka, video pembelajaran animasi IPA berbasis animaker pada topik karakteristik materi dan perubahannya dinilai valid dan praktis untuk digunakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adinda, Bentri, A., Yeni, F., & Amsal, M. F. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Animaker pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 9843–9851.
Anggriani, N. Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran), 6(1), 31–36. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/7409
Ariandhini, E., & Anugraheni, I. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Animaker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Puisi Mapel Bahasa Indonesia Kelas 3 Sd. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan https://jurnal.unibrah.ac.id/index.php/JIWP, 8(3), 178–183. https://doi.org/10.5281/zenodo.6379004
Asih, L. K., Atikah, C., & Nulhakim, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Animaker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 386–400. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1634
Boone, H. N., & Boone, D. A. (2012). Analyzing Likert Data. The Journal of Extension, 50, 1–5. https://joe.org/joe/2012april/tt2.php
Christina S., W., & Hardeli, H. (2021). Pengembangan E-Modul Klasifikasi Materi dan Perubahannya Berbasis Pendekatan Saintifik pada Kelas VII SMP/MTs. Entalpi Pendidikan Kimia, 2(2), 26–32. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/epk.v0i0.140
Dewi, N. P. S. S., Sudiatmika, A. A. I. A. R., & Wiratma, I. G. L. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA pada Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya dengan Pendekatan Saintifik. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 13(2), 49–61.
Fajrianti, R., & Meilana, S. F. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Animaker Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6630–6637. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3325
Fitri, F., & Ardipal. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6330–6338. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1387
Hafizah, S. (2020). Penggunaan Dan Pengembangan Video Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, 8(2), 225–240. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2656
Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237
Kawete, M., Gumolong, D., & Aloanis, A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Ikatan Kimia dengan Model ADDIE Sebagai Penunjang Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Oxygenius, 4(1), 63–69. https://doi.org/DOI: 10.37033/ojce.v4i1.374
Kusumahwardani, D., Pramadi, A., & Maspupah, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Animasi Audiovisual Berbasis Animaker pada Materi Sistem Gerak Manusia. Jurnal Educatio, 8(1), 110–115. https://doi.org/DOI: 10.31949/educatio.v8i1.1665
Maheswari, G., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Animaker terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2531–2538. https://doi.org/DOI: 10.31004/edukatif.v3i5.872.
Mukhtar, B. F., & Erita, Y. (2022). Pengembangan Media Video Berbasis Kinemaster Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 477–485. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/5262
Munawar, B., Hasyim, A. F., & Ma’arif, M. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbantu Aplikasi Animaker Pada PAUD Di Kabupaten Pandeglang. Jurnal Golden Age, 4(2), 310–321. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i02.2473
Murwanto, S. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered-Head-Together) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX B SMP Negeri 4 Alla Enrekang. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 9(1), 14–28. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/sainsmat91141872020
Ningtyas, A. M., Dewi, R. S., & Taufik, M. (2021). Pengembangan Video Animasi Berbasis Animaker pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas IV SDN Banjarsari 2 Kota Serang. PRIMARY: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 739–748. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i4.8355
Nirmala, S. D., Suhandoko, A. D., Ramdhani, S., Rosita, T., Amastini, F., Puspitasari, K. A., Sapriati, A., Rokhiyah, I., & Puryati, P. (2024). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Animaker Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Menunjang Teacher Professional Development of Learning. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(2), 2417. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i2.21601
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257
Pulungan, H., & Hasanah. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Menggunakan Animaker Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Perubahan Wujud Benda di Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 6(2), 22–27.
Rahman, F., Ardipal, & Yensharti. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Seni Musik Di SMP Negeri 1 Sungayang Kab. Tanah Datar. Jurnal Sendratasik, 7(1), 43–51. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jsu.v7i1.100197
Rahmanita, U., & Khairiah. (2022). Model Pembelajaran Edutainment dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Al-Khair Journal, 2(1), 12–21. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/khair/article/view/6936/3794
Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.
Ridho, S., Ruwiyatun, R., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 10–15. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.194
Rustandi, A., & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546
Safitri, Y., & Sulistiowati. (2016). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tentang Cara Membuat Puff Pastry Dough Untuk Mahasiswa Gelombang I Program Studi Pastry Dan Bakery Di Surabaya Hotel School. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 7(2), 1–9. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/15767
Sejati, W. S., Purba, H. S., & Mahardika, A. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Pembelajaran Klasifikasi Materi Dan Perubahannya Kelas VII SMP Dengan Metode Demonstrasi. Computer Science Education Journal (CSEJ), 1(2). https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/csej/article/view/5082
Sugiyono. (2016). Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489
Yaqin, I. ’Ainul, Hanif, M., & Sutarjo, A. (2023). Penggunaan Media Video Berbasis Animaker untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 109–124. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v10i2.9384
Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 91–100. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816.
DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v5i2.383
Refbacks
- There are currently no refbacks.