Pengembangan LKPD Siswa Model Resource Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Siswa

Edi Firmansyah, Siama Siama, Kamaluddin Kamaluddin, Rizki Rizki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) siswa model Resource Based Learning; (2) mengetahui peningkatan hasil belajar dan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Siswa dengan menggunakan LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Jenis penelitian pre-experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Desain uji coba produk utama menggunakan LKPD model Resource Based Learning pada kelas VIII C yang berjumlah 40 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi LKPD IPA, lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket respon siswa terhadap LKPD yang dikembangkan, dan tes tulis untuk menguji hasil belajar dan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Siswa. Hasil pengembangan dan penelitian menunjukkan bahwa (1) kriteria kelayakan lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) siswa model Resource Based Learning model Resource Based Learning layak digunakan dalam pembelajaran IPA; (2) terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dengan nilai Rata-rata sebelum perlakuan 69,70 menjadi 75,93.


Keywords


LKPD; Model Resource Based Learning; Hasil Belajar; Profil Pelajar Pancasila

Full Text:

PDF

References


Arifanti, D. R., Raupu, S., & St. Zuhaerah, T. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Resource Based Learning untuk Menstimulus Pemikiran Kreatif Matematis Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 3(2), 96–114. https://doi.org/10.51574/kognitif.v3i2.1111

Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M. A., & Dellia, P. (2020). Pengembangan media pembelajaran virtual reality pada materi pengenalan termination dan splicing fiber optic. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 29-36. http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2298

Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72. https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78

Asim, H. M., Vaz, A., Ahmed, A., & Sadiq, S. (2021). A Review on Outcome Based Education and Factors That Impact Student Learning Outcomes in Tertiary Education System. International Education Studies, 14(2), 1. https://doi.org/10.5539/ies.v14n2p1

Dewi, P., Romadhana, A., Muzaki, M., & Ati MZ, A. F. S. (2023). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 4(1), 61–68. https://doi.org/10.29303/pendas.v4i1.3164

FIRMANSYAH, E. (2022). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Sma. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(1), 37–41. https://doi.org/10.51878/science.v2i1.971

Firmansyah, E., & Kamaluddin, K. (2020). Pengaruh Tingkat Kecerdasaan Emosional Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 144–147. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1174

Fitriani, K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMAN 3 Dumai. JISHUM (Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora), 1(3), 333–340. https://doi.org/10.57248/jishum.v1i3.67

Gede Swiyadnya, I. M., Citra Wibawa, I. M., & Agus Sudiandika, I. K. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 203. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36111

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309

Harefa, D., Ndruru, M., Ndraha, L. D. M., & SS, M. P. (2020). Teori Model Pembelajaran Bahasa Inggris Dalam Sains. Insan Cendekia Mandiri.

Harefa, D., Sarumaha, M., Telaumbanua, K., Telaumbanua, T., Laia, B., & Hulu, F. (2023). Relationship Student Learning Interest to The Learning Outcomes of Natural Sciences. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 4(2), 240–246. https://doi.org/10.51601/ijersc.v4i2.614

Hossein-Mohand, H., Trujillo-Torres, J. M., Gómez-García, M., Hossein-Mohand, H., & Campos-Soto, A. (2021). Analysis of the use and integration of the flipped learning model, project-based learning, and gamification methodologies by secondary school mathematics teachers. Sustainability (Switzerland), 13(5), 1–18. https://doi.org/10.3390/su13052606

Indriani, S., Nurlina, N., & Basri, M. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 363–375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4488

Jumatun, S., Supeno, S., & Budiarso, A. S. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Diagram Berpikir Mutlidimensi untuk Meningkatkan Keterampilan Inkuiri dan Hasil Belajar Siswa SMP/MTs pada Pembelajaran IPA. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(1), 28. https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i1.13103

Kamal, K., & Firmansyah, E. (2023). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 239-248. https://doi.org/10.24042/terampil.v9i2.15825

Kamaluddin, K., & Firmansyah E. (2023). mplementasi Authoritative Parenting Dalam Mereduksi Perilaku Nomophobia Pada Siswa Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 6(3), 327-334. https://doi.org/10.33603/02r9d592

Khaerani, E. S. A., Suhartono, S., & Rokhmaniyah, R. (2020). Application Of Resource Based Learning (RBL) Model To Improve Natural Sciences Learning Outcomes On The Theme Of My Dream To Fourth Grade Students Of SD Negeri 2 Mekarsari In Academic Year Of 2019/2020. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v8i2.41718

Mastang, M., & Rapi, M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Kelas X Mia SMA. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 9(1), 64. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v9i1.1385

Page, A. L., & Schirr, G. R. (2008). Growth and development of a body of knowledge: 16 years of new product development research, 1989-2004. Journal of Product Innovation Management, 25(3), 233–248. https://doi.org/10.1111/j.1540-5885.2008.00297.x

Pangestu, B. A., & Susanti, M. M. I. (2022). Uji Kelayakan Perangkat Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Model Problem Based Learning untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1145–1154. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2114

Pepin, B., & Kock, Z. jan. (2021). Students’ Use of Resources in a Challenge-Based Learning Context Involving Mathematics. International Journal of Research in Undergraduate Mathematics Education, 7(2), 306–327. https://doi.org/10.1007/s40753-021-00136-x

Puspita, A. T., Altaftazani, D. H., & Nurfurqon, F. F. (2024). The Use of Jigsaw Type Cooperative Learning Model to Improve Class IV Primary School. Journal Of Educational Experts (JEE), 7(1), 26-34. https://doi.org/10.30740/jee.v7i1.220

Johan, J. R., Iriani, T., & Maulana, A. (2023). Penerapan model four-D dalam pengembangan media video keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Jurnal Pendidikan West Science, 1(06), 372-378. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i6.455

Putra, M. S., Setiyadi, M. W., & Firmansyah, E. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Resource Based Learning (RBL) Untuk Menigkatkan Aktifitas Pembelajaran Matematika Siswa Kelas 6 SDN 02 Dompu. Jurnal Genta Mulia, 14(1). https://doi.org/10.61290/gm.v14i1.419

Saputra, H. (2022). The effectiveness of Resource-Based Learning Model in English for Islamic Studies Course in Enhancing Critical Thinking Skill. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 1394–1407. https://doi.org/10.24256/ideas.v10i2.3182

Sari, F. L., & Winanto, A. (2024). Pengembangan LKPD Berbentuk Komik Materi Perubahan Wujud Zat untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Ipas Peserta Didik Kelas IV SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 7206–7213. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4658

Sari, Z. A. A., Nurasiah, I., Lyesmaya, D., Nasihin, N., & Hasanudin, H. (2022). Wayang Sukuraga: Media Pengembangan Karakter Menuju Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3526–3535. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2698

Sugiyono. (2019). Metode penelitian dan pengembangan (research and development/R&D) (Cetakan ke-4). Alfabeta.

Suryadi A. (2020). Teknologi dan media pembelajaran jilid I. CV. Jejak (Jejak Publisher).

Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309

Yulia, P., & Natalia, D. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Nabla Dewantara, 5(1), 24–30. https://doi.org/10.51517/nd.v5i1.167




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v5i2.359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.