Uji Validitas Media Smart Box pada Mata Pelajaran IPA Materi Sumber Energi pada Siswa Sekolah Dasar

Nabila Fatimatuz Zahro, Sefi Nengtias, Sandrina Mefiani, M Ari Susendra, Siti Masfuah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas media smart box dalam meningkatkan minat belajar siswa setelah penerapan media pembelajaran smart box di kelas III sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian jenis deskripsi kuantitatif dengan subjek penelitian 2 guru dan 5 siswa. Tahap penelitian dimulai dengan melakukan studi pendahuluan dan validasi. Pada tahap validasi, dilakukan dengan tujuan mengetahui kelayakan media yang dibuat. Validasi ini dilakukan oleh 2 ahli media dan 5 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket, dan lembar validasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil validasi oleh validator yaitu guru kelas III sekolah dasar, validator pertama memberikan skor validasi dengan rata-rata skor 4,5 sementara validator kedua memberikan rerata skor 4,0. Dari kedua rerata tersebut, maka didapatkan rerata skor 4,5 yang berarti media smart box layak untuk digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Hasil angket dari 5 siswa memberikan skor validasi dengan rata-rata siswa 1 yaitu 5,0 siswa 2 yaitu memberikan skor 5,0 siswa 3 memberikan skor 4,4 siswa 4 memberikan rata-rata skor 4,6 sementara siswa 5 memberikan rata-rata skor 4,8. Dari 5 siswa tersebut, maka didapatkan rerata skor 4,76 yang berarti media smart box ini layak digunakan untuk proses pembelajaran. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa media smart box dapat digunakan untuk menumbuhkan pemahaman siswa kelas III sekolah pada materi sumber energi.


Keywords


Media Pembelajaran; Smart Box; Sumber Energi; Siswa; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Aini, N. N., Azizah, M., Thohir, M. A., & Malang, U. N. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Virtual Reality terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di SD. Caruban: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 267–275.

Fajrie, N., & Masfuah, S. (2018). Model Media Pembelajaran Sains untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Bagimu Negeri, 2(1), 9–19. https://doi.org/10.26638/jbn.537.8651

Farikhatin, N., Eka Subekti, E., & Hanum, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Media Diorama terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 9–15. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.365

Gozali. (2019). Pengertian validitas. Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas X IPS 2 SMA Bina Dharma 2 Bandung, 172.

Harmita, H. (2004). Petunjuk pelaksanaan validasi metode dan Cara Perhitungannya. Majalah Ilmu Kefarmasian, 1(3), 1. https://doi.org/10.7454/psr.v1i3.3375

Masfuah, S., Fakhriyah, F., Wilujeng, I., & Rosana, D. (2021). The Content Validity of Scientific Literacy-Based Diagnostic Assessment. Proceedings of the 7th International Conference on Research, Implementation, and Education of Mathematics and Sciences (ICRIEMS 2020), 528(Icriems 2020), 684–691. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210305.099

Maulidiana, F., Wardana, L. A., & Jannah, F. (2024). Pengembangan Media Smart Box Pada Pembelajaran Tumbuhan dan Energi Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SDN Curahgrinting 1 Probolinggo. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 1664-1675.

Oktavia, J., Zahra, V., Hanifah, N., & Nugraha, R. G. (2024). Penerapan Media Smart Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Kelas IV SD Materi Hak dan Kewajiban. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 545–554.

Polinda, A., Rustinar, E., Kusmiarti, R., & Lisdayanti, S. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Kotak Pintar Pada Siswa Kelas 1 SDN 58 Kota Bengkulu. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 9758–9762.

Putra, I. K. D., & Suniasih, N. W. (2021). Media Diorama Materi Siklus Air pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. JURNAL IMIAH PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 5(2), 238–246. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i2

Silvia, I., Aini, A. N., Rosyada, A. A., Samodra, T., & Masfuah, S. (2022). Validitas Pop Up Craft Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengenalkan Huruf Angka Siswa Tunagrahita. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 130–134. https://doi.org/10.24176/wasis.v3i2.9093

Sulaiman, S., & Tegar, T. (2019). Kebutuhan Energi Pada Pembuatan Papan Partikel Dari Tandan Kosong Kelapa Sawit, Serbuk Kulit Pinus Dan Akasia. Rang Teknik Journal, 2(2). https://doi.org/10.31869/rtj.v2i2.1434

Sunami, M. A., & Aslam. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v5i2.311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.