Implementasi Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mapel IPA di Sekolah Dasar
Abstract
Model learning cycle 5E ialah salah satu model pembelajaran yang mampu menunjang keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini ialah guna melihat implementasi model pembelajaran Learning Cycle 5E pada perkembangan kemampuan berpikir kritis siswa muatan pembelajaran IPA di SDN Batukali. Sampel yang diambil adalah kelas VA dengan jumlah 21 siswa. Metode pengumpulan data yaitu melalui tes, guna mengaktifkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian memperlihatkan adanya peningkatan dengan rata-rata nilai pretest 64,7 dan nilai posttest 73,6. Hal ini memperlihatkan terdapat peningkatan keterampilan menalar atau berpikir kritis siswa setelah menerapkan model learning cycle 5E. Dari temuan ini, bisa disimpulkan model learning cycle 5E mampu mendorong serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiilah, I. I., & Haryanti, Y. D. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 2(1), 49–56. https://doi.org/10.56916/pjmsr.v2i1.306
Aditya, I. K. D., Sumantri, M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle (5E) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Disiplin Belajar Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus V Kecamatan Sukasada. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 43–54. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20792
Busrial, B. (2022). Upaya meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.130
Indrayani, S. A. P., Japa, I. G. N., & Arini, N. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Di Gugus Iv Kecamatan Banjar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 76–86. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20811
Kurniawati, W., Sungkari, F. M., Utami, A. F., Adini, A. R., Puspitasari, L., Nurbiyanti, A., Pramudiyanti, H., Widiastuti, I., Iswahyuni, Besdaningrum, D. S., Praptiwi, N., Santi, E. V., Kholifah, E., & Marsanti, Y. (2023). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. IB Press.
Kusnadi, D., Musyadad, V. F., & Ma’mun, M. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Sumber Daya Alam. Jurnal Tahsinia, 2(2), 134–143. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.300
Lailiyah, N. N., & Widiyono, A. (2023). Pengembangan Media Diorama berbasis STEAM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. BASICA Journal of Arts and Science in Primary Education, 3(1), 95–108. https://doi.org/10.37680/basica.v3i1.3678
Lailiyah, N. N., & Widiyono, A. (2023b). Pengembangan Media Diorama berbasis STEAM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. BASICA Journal of Arts and Science in Primary Education, 3(1), 95–108. https://doi.org/10.37680/basica.v3i1.3678
Muizza, U. W., & Widiyono, A. (2024). Pengaruh model environmental learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas v di sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 4809–4824. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12195
Mulyasari, W., Irianto, D. M., & Kurniawan, D. T. (2022). Penerapan Model Learning cycle (Siklus Belajar) untuk Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6258–6266. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2957
Muyassaroh, Z., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh Model Active Learning Tipe Role Reviersal Question Terhadap Hasil Belajar Tematik di SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 05(2), 125–131. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12195
Nuzalifa, Y. U., & Putri, S. A. (2021). Efektivitas Handout Kingdom Protista Berbasis Siklus Belajar 5E pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 4(1), 137–144. https://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika
Pratama, A. R., Deswalantri, Sesmiarni, Z., & Khairuddin. (2022). Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Pai Siswa Di Sma Negeri 4 Kota Bukittinggi. KOLONI : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(1), 383–392. https://doi.org/10.31004/koloni.v1i3.178
Putri, Z. D., Yuniar, & Cindrya, E. (2022). Pengaruh Menggambar Dekoratif Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini di Kelas A TK Larasati Kota Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 4625–4634. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14125
Rahmawati, H., Pujiastuti, P., & Cahyaningtyas, A. P. (2023). Kategorisasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Empat Sekolah Dasar di SD se-Gugus II Kapanewon Playen, Gunung Kidul. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 88–104. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3338
Sabila, D., & Widiyono, A. (2023). Pengaruh Pendekatan Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. BASICA Journal of Arts and Science in Primary Education, 3(2), 223–236. https://doi.org/10.37680/basica.v3i2.4293
Sani, M. M. R., Meha, A. M., & Nenotek, S. A. (2020). Penerapan Model Siklus Belajar 5E Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 3(1), 15–23. https://doi.org/10.24246/juses.v3i1p15-23
Sartika, R. P., Putri, T. R., Alwanuddin, A., & Ulwan, R. (2021). Penerapan Model Siklus Belajar 5E Secara Daring Pada Materi Sifat Koligatif Larutan Dalam. Jurnal Education and Development, 9(4), 117–122. https://doi.org/10.37081/ed.v9i4.3054
Setiawan, T. Y., Destrinelli, & Wulandari, B. A. (2022). Keterampilan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Radec di Sekolah Dasar : Systematic Literature Review. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(2), 133–141. https://doi.org/10.31764/justek.v5i2.11421
Shabilla, V. S., & Widiyono, A. (2023). Implementasi Model Roleplaying Berbantuan Kinemaster Terhadap Peningkatan Keterampilan Bernalar Kritis (P5) Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 4625-4635. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11105
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49
Utama, N. G., Rahmatan, H., & Azhar. (2019). Penerapan LKPD Berbasis Learning Cycle 5E Terintegrasi Nilai Islami Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 47–54. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13550
Wahyuni, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562
Widiyono, A., Zumrotun, E., Wahyuningtyas, I. N., & Ariyanti, D. P. (2023). Penerapan Model PjBL-STEM melalui Smart Apps Creator (SAC) terhadap keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3). https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11105
DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v5i2.304
Refbacks
- There are currently no refbacks.