Analisis Media Pembelajaran IPA Menggunakan Miniature Lift Sederhana pada Materi Katrol untuk Siswa Sekolah Dasar: Kajian Literatur
Abstract
Pemahaman siswa terhadap materi katrol dapat diimplementasikan dengan menggunakan media pembelajaran berupa alat peraga, khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang pengembangan media pembelajaran menggunakan miniature lift sederhana pada materi katrol untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan Systematic Literature Review (SLR). Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan dan mengkaji artikel terkait media pembelajaran ilmu pengetahuan alam pada materi katrol yang dipublikasikan pada 2019 – 2024. Penelitian mengumpulkan sebanyak 10 artikel dalam jurnal dari Google Schoolar. Berdasarkan hasil review dari artikel, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berupa miniature lift sederhana dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman konsep materi katrol di sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akmalia, S. (2022). Desain Media Pembelajaran Flipchart Pada Materi Pesawat Sederhana Di SMP/MTS.
Amalia, A. R., & Annisa. (2022). Model Computational Thinking Pada Kurikulum Merdeka Sebagai Inovasi Pembelajaran di SD. DIDAKTIS 7: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 7(1), 499–507.
Andini, S. A., & Kurniawati, W. (2023). Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pesawat Sederhana Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 299–306.
Andriani, S., Sohibun, S., & Azra, A. (2022). Rancang Bangun Lift Sederhana Berbasis STEM (Science Technology, Engineering, and Mathematics) pada Konsep Hukum Newton. Jurnal Pendidik Indonesia, 3(1), 164–171. https://doi.org/10.61291/jpi.v3i1.11
Azzahra, I., Aan Nurhasanah, & Eli Hermawati. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS di SDN 4 Purwawinangun. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 6230–6238. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1270
Fadli, M., Kamila Insani, A., Delima, K., & Aulia Rahma Mahfud, T. (2022). SPEKTRA: Jurnal Fisika dan Aplikasinya Kajian Mekanika pada Materi Pesawat Sederhana: Review Publikasi Ilmiah. Jurnal Pendidikan, Inovasi, Dan Terapan, 1(2), 171–190.
Fatonah, S., & Assingkily, M. S. (2020). Quo Vadis Materi Pesawat Sederhana Dalam Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar Di Era Disrupsi. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 46–60. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1899
Haikal, F., & Syofyan, H. (2021). Pemanfaatan Media Video Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas III-A Di SDN Duri Kepa 17 Pagi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 377–385. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2969
Handayanti, A., Handayani, S., & Indrawati. (2019). Penggunaan Video Fenomena pada Materi Pesawat Sederhana Sistem Katrol untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2019 “Integrasi Pendidikan, Sains, Dan Teknologi Dalam Mengembangkan Budaya Ilmiah Di Era Revolusi Industri 4.0 “, 4(1), 27–30.
Humairah, S. N. (2020). Pengaruh Metakognisi, Konsep Diri Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sman 1 Gowa. Jurnal MSA ( Matematika Dan Statistika Serta Aplikasinya ), 8(1), 5. https://doi.org/10.24252/msa.v8i1.12454
Muhammad Fadli, Annisa Kamila Insani, Kasamira Delima, & Tyrra Aulia Rahma Mahfud. (2022). Kajian Mekanika pada Materi Pesawat Sederhana: Review Publikasi Ilmiah. Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, Dan Terapan Teknologi, 1(2), 171–190. https://doi.org/10.58797/pilar.0102.09
Nur Alifah, H., Virgianti, U., Imam Zamah Sarin, M., Amirul Hasan, D., Fakhriyah, F., Aditia Ismaya, E., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., Muria Kudus Alamat, U., Lkr Utara, J., Kulon, K., Bae, K., & Kudus, K. (2023). Systematic Literature Review: Pengaruh Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(3), 103–115. https://doi.org/10.54066/jikma-itb.v1i3.463
Nurul Audie. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
Riana Aprianti, R. A., Rakhmat, C., & Indihadi, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Tema Organ Gerakan Hewan Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 398–407. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5315
Rohmah, M. M., Hamdu, G., & Suryana, Y. (2023). Analisis Miskonsepsi Pada Materi Pesawat Sederhana Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5741–5751.
Sa’diyah, S. H., & Ismanti, S. P. (2023). Penggunaan Alat Peraga Katrol sebagai Metode Pemahaman Siswa terhadap Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Masaliq, 3(3), 406–414. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i3.1061
Septianingsih, R., Aryana, M., Putra Winata, B., & Kurniawati, W. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Pembelajaran IPAPesawat Sederhana di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12), 556–562. https://doi.org/10.5281/zenodo
Silitonga D. B. Immanuel, H. A. (2021). Membentuk Akhlak di Era Revolusi Industri 4.0 Dengan Peran Pendidikan Agama Islam. 4(media youtube, media pembelajaran, teks prosedur), 64–70. http://www.digg.com
Suwarto. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.2269
Widyastuti, I., Winarno, N., Emiliannur, & Wahyuningsih, Y. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan Simulasi PhET pada Topik Usaha, Energi dan Pesawat Sederhana . Jurnal Tadris IPA Indonesia, 4(1), 65–85.
Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835
Yafa, R. A., Mursidah, F., & Hidayatulloh, B. (2022). Systematic Literature Review : Penggunaan Media Pembelajaran Digital dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian , 2022, 163–177.
DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v5i2.301
Refbacks
- There are currently no refbacks.