INVENTARISASI KEANEKARAGAMAN JENIS IKAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN DI PANTAI BONTO KOTA BIMA

Yani Marlina

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis ikan apa saja yang di tangkap oleh nelayan  di Pantai Bonto Kota Bima yang mengunakan metode penelitian kualitatif, dengan tehnik pegumpulan data melalai observasi di lapangan wawancara dengan para nelayan dan pemerintah terkait, seta melakukan dokumentasi. Kesimpumpalan penelitian terkait inventarisasi keanekaragaman jenis ikan di pantai Bonto terdapat 30 jenis ikan yang antaranya dengan jenis ikan tongkol, cakalang, kuwe, pari, teri, tengiri, layaran, layur, selar, kembung, ikan terbang, sunglir, bawal hitam, kakap putih,  kakap merah, lencam, tembang, kurisi, jalung-jalung, peperek, beloso, biji nangka, dan ekor kuning.  Jenis ikan tangkapan nelayan yang.


Keywords


Keanekaragaman, Jenis Ikan, Pantai Bonto

Full Text:

PDF

References


Adrim, (2010). Panduan Untuk Penelitian Ikan Laut. Jakarta: Pusat Penelitian Oseanografi-LIPI.

Azhar, Z., & Marta, J. (2015). Kepemilikan Sumber Daya Alam terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Wilayah di Indonesia. Ecosains: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembangunan, 4(1), 51-62.

Hoek, F., Muhfizar, M., Simau, S., Suruwaky, A. M., Ulat, M. A., & Arfah, A. (2015). Potensi sumberdaya udang penaeid di perairan kepulauan aru bagian timur sub wilayah aru dan sekitarnya-III. Jurnal Airaha, 4(1), 18-26.

Moleong, L. J., & Edisi, P. R. R. B. (2004). Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Salaim dan Syahrum. (2012). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Cipta Pustaka Media.

Sugiarto, A. (2021). Morfometri Perubahan Garis Pantai Kura-Kura Desa Karimunting Menggunakan Citra Time Series dan Faktor Pengaruhnya. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 5(1), 133-143.

Sukamto, M. E. I. (2017). Pengelolaan Potensi Laut Indonesia Dalam Spirit Ekonomi Islam (Studi Terhadap Eksplorasi Potensi Hasil Laut Indonesia). MALIA: Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), 35-62.




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v4i2.172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.