Pengaruh Gadget Terhadap Pemahaman dan Berpikir Kritis di SMA Muhammadiyah Bolo

Reni Anggriani, Lisda Ramdhani, Muslimin Muslimin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gadget terhadap pemahaman dan berpikir kritis di SMA Muhammadiyah Bolo. Gadget telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari siswa dan dapat memberikan dampak positif maupun negatif terhadap proses belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post factor. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup dan dokumentasi nilai rapor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa, khususnya pada aspek kognitif dan berpikir kritis. Oleh karena itu, penggunaan gadget yang bijak dan terkontrol sangat penting untuk mendukung pembelajaran siswa.


Keywords


Gadget, Berpikir Kritis, Pemahaman Siswa

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, A., & Hendisal. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kehidupan Sosial Para Siswa SMA. Jurnal PPKn Hukum.

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hadi, Sutrisno. 2001. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT BumAksara udaya, A. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Belajar

Rachnawati, N. H. (2022). Pengaruh Smartphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Warta Desa, 4(2), 79-85.

Rohmah, C. O. (2017). Pengaruh gadget dan lingkungan belajar terhadap minat belajar: Jurnal pendidkan administrasi

Sugiono, (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan H&D, bandung: Alfabeta.

Moleong, L.,J, (2019). Metodologi penelitian, bandung: remaja rosdakarya.

Rusman, (2012), model-model pembelajaran. Jakarta: raja grafindo

Prasetyo, Bambang, 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Judhi & Adila, S. D. 2018. Profesi Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di Era Globalisasi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(1), 16-24.

Judhita, Christiany. 2017. Pengaruh Penggunaan Gadget dan Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta

Manumpil, dkk, 2015. Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Presentasi Siswa di SMA Negeri 9 Manado: PSIK FKIK Sam Ratulangi

Nurmalasari & Wulandari. 2018. Jurnal Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Tingkat Prestasi Siswa SMPN Satu Atap Pakisjaya Karawang. Jakarta: STMIK Nusa Mandiri Jakarta.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Samino, Saring Marsudi. 2012. Layanan Bimbingan Belajar Pedoman Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Surakarta: Fairuz Media.

Sarosa, Samiaji. 2017. Metodologi Pengembangan Sistem Informasi. Jakarta: Indeks Jakarta.

Ones, A.F & Wang, L. (2011). Spectacular creatures: The Amazon rainforest (2nd ed.). San Jose, Costa Rica: My Publisher

Williams, S.T. (Ed.). (2015). Referencing: A guide to citation rules (3rd ed.). New York, NY: My Publisher

Widiawati. (2024). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak, Jakarta: Universitas Budi Luhur.

Manibuy, L, I. (2024). Pengaruh Pemanfaatan Internet Terhadap Hasil Belajar Siswa SMPN 2 Bintuni Papua Barat, das: Jurnal ilmiah Pendidikan Dasar,9,449-459.




DOI: https://doi.org/10.56842/infotika.v%25vi%25i.721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.