Analisis Penggunaan Whatsapp Grup Sebagai Media Komunikasi Pembelajaran Daring STKIP Harapan Bima di Tengah Wadah Covid 19

Riska Febriyanti, Feri Fadlin

Abstract


Ditengah Pandemi Virus Corona atau Covid-19 yang melanda indonesia membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk sementara mengalihkan metode belajar tatap muka di perguruan tinggi menjadi penerapan kelas berbasis online. Seperti halnya Stkip Harapan Bima, Stkip Harapan Bima memberlakukan sistem kuliah online. Dalam proses kuliah online ini fitur Whatsapp grup merupakan salah satu media yang digunakan dalam proses kuliah daring ini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses dan pemanfaatan Whatsapp sebagai media komunikasi kuliah online pendidikan Informatika di Stkip Harapan Bima angkatan 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data penelitian ini melakukan observasi terhadap grup whatsapp. Sedangkan teknik analisis data penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah fitur whatsaap grup merupakan salah satu alternative yang baik digunakan dalam proses komunikasi online. Banyak sekali manfaat yang ditimbulkan dan juga mahasiswa menjadi aktif dalam kelas walaupun tidak melakukan tatap muka.

Keywords


WhatsApp groub, Media Komunikasi,Pembelajaran, Covid 19

Full Text:

PDF

References


Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The impact of covid-19 to indonesian education and its relation to the philosophy of “merdeka belajar”. Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38-49.

Asni, A., Syukri, S., & Wahyuni, I. (2020). STUDI PERBANDINGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PAI MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DAN CARD SORT PADA SISWA SD KABUPATEN BOMBANA. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 6(1), 97-114.

Hasanah, Q. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Whastapp sebagai Media E-Learning Masa Covid-19 pada Mata Kuliah Biomolekul dan Metabolisme di Tadris IPA IAIN Bengkulu. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 1(3), 225-236.

IWAPI (2016). Memaknai Pentingnya Media & Komunikasi, Bagai Dua Sisi Mata Uang Yang Tidak Bisa Dipisahkan. Diperoleh dari http://iwapi.id/memaknai-pentingnya-media-komunikasi-bagai-dua-sisi-mata-uang-yang-tidak-bisa-dipisahkan/

Jevi Nugraha. (2020) Mengenal Manfaat Hubungan Internasional Beserta Prinsipnya, Perlu Diketahui. Diperoleh dari https://www.merdeka.com/jateng/mengenal-manfaat-hubungan-internasional-beserta-prinsipnya-perlu-diketahui-kln.html

Kemenkes. (2021) Middle East Respiratory Syndrome (MERS). Diperoleh dari https://infeksiemerging.kemkes.go.id/penyakit-virus/middle-east-respiratory-syndrome-mers

Kumar, K. N., & Balaramachandran, P. R. (2018). Robotic process automation-a study of the impact on customer experience in retail banking industry. Journal of Internet Banking and Commerce, 23(3), 1-27

Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan hasil belajar matematika dengan penggunaan platform Whatsapp Group dan webinar Zoom dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1).

Liliweri, A. (2010). Komunikasi serba ada serba makna. Kencana.

Mills, B., & Barlow, D. M. (2014). Harold D. Lasswell Reading: Lasswell, HD (1948)‘The structure and function of communication in society’, in Bryson, L.(ed.) The Communication of Ideas, New York: Harper and Brothers. In Reading Media Theory (pp. 125-153). Routledge.

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). e-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same?. The Internet and higher education, 14(2), 129-135.

Narti, S. (2017). Pemanfaatan “Whatsapp” Sebagai Media Komunikasi Dosen Dengan Mahasiswa Bimbingan Skripsi (Studi Analisis Deskriptif Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Bimbingan Skripsi Universitas Dehasen Bengkulu Tahun 2016). Professional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 4(1).

Ningrum, N. A. P., & Pramonojati, T. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Whatsapp Terhadap Efektivitas Komunikasi Organisasi Di Lingkungan Pegawai Dinas Pariwisata Diy. eProceedings of Management, 6(1).

Prajana, A. (2017). Pemanfaatan aplikasi whatsapp untuk media pembelajaran dalam lingkungan uin ar-raniry Banda Aceh. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 122-133.

Rosarians, F., Warsono, A., Fikri, A., & Permana, S. (2020). Belajar di Rumah Lewat WhatsApp.

Rusman, T., van Vollenhoven, R. F., & van der Horst-Bruinsma, I. E. (2018). Gender differences in axial spondyloarthritis: women are not so lucky. Current rheumatology reports, 20(6), 1-12.

Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan: Pemberdayaan guru, tenaga kependidikan, dan masyarakat dalam manajemen sekolah. Alfabeta.

Sidiq, R. (2019). Pemanfaatan Whatsapp Group dalam Pengimplementasian Nilai-Nilai Karakter Pancasila Pada Era Disrupsi. Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah, 4(2), 145-154.

Wardani, S. Y., & Trisnani, R. P. (2017). Efektifitas Layanan Informasi untuk Meningkatkan Pemahaman Karier Siswa. JURNAL KONSELING GUSJIGANG, 3(2).




DOI: https://doi.org/10.56842/infotika.v1i01.69

Refbacks

  • There are currently no refbacks.