Analisis Persepsi Siswa terhadap Kecerdasan Buatan sebagai Asisten Belajar di Kelas Informatika: Studi Eksploratif di Kalangan Gen-Z pada SMP Negeri 2 Bolo, Kabupaten Bima
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi persepsi siswa generasi Z terhadap pemanfaatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) sebagai asisten belajar dalam mata pelajaran informatika di SMP Negeri 2 Bolo, Kabupaten Bima. Metode penelitian yang digunakan adalah studi eksploratif dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki persepsi positif terhadap penggunaan AI yang dianggap mampu meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman konsep pembelajaran informatika. Namun, terdapat beberapa kendala teknis dan kebutuhan pendampingan guru agar optimalisasi AI dapat tercapai. Temuan ini memberikan gambaran penting untuk pengembangan pembelajaran berbasis teknologi di tingkat sekolah menengah pertama.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Auwal Yakubu, M., Hassan Sain, Z., Shehu Lawal, U., & Arif Rahman Hakim, M. (2025). Student Perceptions of Artificial Intelligence as a Virtual Tutor and Its Relation to Self-Efficacy in Learning. Indonesian Journal of Progressive Pedagogy, 01(01), 1–11.
Herawati, A. A., Yusuf, S., Ilfiandra, I., Taufik, A., & Ya Habibi, A. S. (2024). Exploring the Role of Artificial Intelligence in Education, Students Preferences and Perceptions. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2), 1029–1040. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.4784
Keumalasari, B., Iqbal, M., Aulia, F., & Fahlevi Pranata, A. (2024). Students’ Perception of Artificial Intelligence (AI) as English Learning Tools at MTsN 4 North Aceh. International Journal of Educational Evaluation and Policy Analysis, 4, 54–66.
Kriswibowo, R., Muhimmah, S. H. F., Yunani, L. F., Prayogo, J. S., Febriana, R. W., Setyawan, A. B., & Lieztyanto, Y. G. (2025). Utilization of Artificial Intelligence (AI) in the Digital Era for Gen Z at SMKN 1 Cerme Gresik. Indonesia Bergerak : Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 01–08. https://doi.org/10.61132/inber.v3i1.662
Kurniahtunnisa, Manuel, M. Y., Aini, M., & Agustina, T. P. (2023). Persepsi dan Sikap Siswa Terhadap Penggunaan Artificial Intelligence. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 47–59.
Ningsih, S., Rahayu, A. P., Suryani, N. Y., Martriwati, M., Sholikhah, M., & Khairas, E. E. (2024). Indonesian Students’ Perceptions on the Use of Artificial Intelligence (AI) in English Learning. Proceedings of the 4th International Conference on Linguistics, 124–132. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-251-4_18
Putri, M. S., & Widyaningrum, A. G. (2022). Persepsi Siswa dalam Pemanfaatan Kecerdasan Buatan pada Pembelajaran di SMAN 7 Bekasi. Public Sphere: Jurnal Sosial Politik, Pemerintahan Dan Hukum, 1(2). https://doi.org/10.59818/jps.v3i3.992
Slimi, Z., Benayoune, A., & Alemu, A. E. (2025). Students’ Perceptions of Artificial Intelligence in Higher Education. European Journal of Educational Research, 14(1), 249–265. https://scholar.archive.org/work/fxr3w63xnzgx3hpxvzuotnab44/access/wayback/https://pdf.eu-jer.com/EU-JER_13_2_573.pdf
U.S. Department of Education, O. of E. T. (2023). Artificial Intelligence and the Future of Teaching and Learning. In International Research-Based Education Journal (Vol. 6, Issue 2). https://doi.org/10.17977/um043v6i2p245-253
Wirawan, Z., Arwien, R. T., & Muriati, S. (2024). Analysis Of Student Perceptions Of The Use Of Artificial Intelligence In Science Learning In Elementary School. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 13(2), 199. https://doi.org/10.35580/sainsmat132657652024
DOI: https://doi.org/10.56842/infotika.v4i2.672
Refbacks
- There are currently no refbacks.