IMPLEMENTASI MICROLEARNING BERBASIS WHATSHAPP STORY DALAM PEMBELAJARAN INFORMATIKA DI ERA DIGITALISASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan potensi dan tantangan implementasi model microlearning berbasis WhatsApp Story dalam pembelajaran informatika di era digitalisasi. Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan akan pendekatan pembelajaran yang lebih visual, cepat, dan fleksibel bagi generasi digital. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif di SMPN 1 Bolo, melibatkan guru informatika dan 20 siswa kelas VIII. Instrumen yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan WhatsApp Story sebagai media pembelajaran belum dapat diimplementasikan secara optimal karena sebagian besar siswa belum memiliki perangkat gawai pribadi. Hal ini menjadi kendala utama dalam aksesibilitas konten pembelajaran digital. Meskipun secara konsep metode ini sangat potensial, efektivitasnya masih terbatas oleh kesiapan infrastruktur dan ketersediaan perangkat siswa. Penelitian ini merekomendasikan adanya penyediaan sarana pendukung terlebih dahulu sebelum strategi microlearning dapat diterapkan secara luas dan merata.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azhari, M., & Fajri, I. (2021). The effectiveness of using WhatsApp in distance learning during the COVID-19 pandemic. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (JPTIK), 5(2), 65–71. https://doi.org/10.23887/jptik.v5i2.36745
Basri, W., Alandejani, J., & Almadani, F. (2018). ICT adoption impact on students’ academic performance: Evidence from Saudi universities. Education Research International, 2018, Article ID 1240197. https://doi.org/10.1155/2018/1240197
Dwiyogo, W. D. (2018). Pembelajaran berbasis blended learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Fitriani, A., & Handayani, D. (2020). Penggunaan WhatsApp sebagai media pembelajaran pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 3(2), 12–18.
Hidayat, T., & Muslim, A. (2020). Implementasi pembelajaran microlearning pada generasi Z. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (JPTIK), 6(1), 14–21. https://doi.org/10.23887/jptik.v6i1.26091
Kurniawan, A. (2021). Strategi pembelajaran daring berbasis media sosial untuk siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 115–123. https://doi.org/10.21009/jpd.v9i2.21455
Laurillard, D. (2012). Teaching as a design science: Building pedagogical patterns for learning and technology. New York, NY: Routledge.
Lubis, R. F., & Ardi, Z. (2019). Peranan media sosial dalam menunjang pembelajaran mahasiswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 49–59.
Maulidya, A. N., & Dewi, L. R. (2022). Kendala siswa dalam mengikuti pembelajaran online pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan dan Kewarganegaraan, 12(1), 70–76. https://doi.org/10.15294/jpkn.v12i1.51232
Nugroho, A., & Subandowo, D. (2020). Strategi pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(3), 55–63.
Ramadhani, R., Umam, R., Abdurrahman, A., & Syazali, M. (2019). The effect of flipped classroom with e-learning based on Edmodo on students’ mathematics learning outcomes. International Journal of Instruction, 12(1), 471–490. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12130a
Susanti, H., & Ridwan, A. (2022). Hambatan penggunaan teknologi dalam pembelajaran daring di daerah rural. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(2), 123–130. https://doi.org/10.21831/jip.v8i2.46321
Vainio, L. (2019). Student engagement in mobile learning: A systematic review. Computers in Human Behavior, 93, 450–465. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.12.039
Wijaya, T. T., & Surya, E. (2022). Penggunaan media WhatsApp untuk menunjang pembelajaran berbasis microlearning. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 11–19.
Yulianto, D. (2021). Implementasi WhatsApp Story dalam pembelajaran berbasis digital. Jurnal Pendidikan dan Inovasi, 7(1), 45–53.
Refbacks
- There are currently no refbacks.