Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva dalam Meningkatkan Potensi Belajar Siswa Kelas XI SMK Al Muchsin

Agus Putra, Ewisahrani Ewisahrani, Fathurrahmaniah Fathurrahmaniah, Eva Nursaban

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi canva dalam meningkatkan potensi belajar siswa kelas XI SMK Al Muchsin. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian pengembangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK AL-Muchsin. Subjek yang digunakan yaitu siswa kelas XI. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan observasi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini ialah Teknik analisis data dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) reduksi data; 2) penyajian data; dan 3) penarikan Kesimpulan.Hasil menunjukkan bahwa aplikasi Canva dapat dimanfaatkan dalam ranah pendidikan. Canva adalah aplikasi online yang mempunyai beragam template serta fitu-fitur yang ada untuk membantu guru (pengajar) serta siswa(pembelajar) memudahkan dalam melakukan pembelajaran yang berbasis teknologi, keterampilan, kreativitas, dan manfaat lainnya yang di dapat. Pemilihan template yang menarik dapat menarik perhatian siswa, dengan membubuhkan animasi serta gambar bergerak

Keywords


Media Pembelajaran; Aplikasi Canva; Potensi Belajar; Siswa

Full Text:

PDF

References


Admelia, M., Farhana, N., Agustiana, S. S., Fitri, A. F., & Nurmalia, L. (2022). Efektifitas penggunaan aplikasi canva dalam pembuatan modul pembelajaran interaktif hypercontent di Sekolah Dasar Al Ikhwan, 5(2), 177.

Elsa, E., & Anwar, K. (2021). The Perception of Using Technology Canva Application as a Media for English Teacher Creating Media Virtual Teaching and English Learning in Loei Thailand. Journal of English Teaching, Literature, and Applied Linguistics, 5(1), 62. https://doi.org/10.30587/jetlal.v5i1.2253

Hadi, M. S., Izzah, L., & Paulia, Q. (2021). Teaching Writing Through Canva Application. Journal of Languages and Language Teaching, 9(2), 228. https://doi.org/10.33394/jollt.v9i2.3533

Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Morrison, I. O., & David, O. O. (2023). International Journal of Research Publication and Reviews Strategies for Selection of Instructional Media in Classroom Instruction. International Journal of Research Publication and Reviews, 4(10), 731–736.

Nurmitasari. (2016). Pembelajaran Lingkaran dengan Metode Demonstrasi Melalui Alat Peraga Konkrit dan Alat Peraga Gambar. E-DuMath, 2(1), 170–178.

Pendidikan, J. K. (2018). peranan media pembelajaran dalam meningkatkan the role of instructional media to improving. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).

Purba, Y. A., & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325–1334. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1335

D, Sari., D, Astuti., & Suparjan. (2024). Implementasi Canva dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas Sungai Kakap Kubu Raya. Journal of Education Research, 5(2), 1064–1070.

Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2019). Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. 2(1), 470–477.

Syaharuddin, S., Rusmaniah, R., Ilhami, M. R., Nursahid, N., & Uzhma, M. R. (2023). Making Animated Videos With The Canva Application As An Effort To Increase Student Motivation. Journal of Social Development, 1(2), 117. https://doi.org/10.20527/j-sod.v1i2.9608

Triningsih, k D. E. (2021). Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks. Cendekia, 15(1), 128–144. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667.Selama

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Yuliana, D., Baijuri, A., Suparto, A. A., Seituni, S., & Syukria, S. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Video Pembelajaran Kreatif, Inovatif, Dan Kolaboratif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 6(2), 247–257. https://doi.org/10.37792/jukanti.v6i2.1025




DOI: https://doi.org/10.56842/infotika.v3i2.460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.