Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Sistem Administrasi Akdemik (SIAKAD) di STKIP Harapan Bima Menggunakan PIECES Framework

Hardianti Hardianti, Arwan Arwan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganilisis tingkat kepuasan mahasiswa terhadap penggunaan sistem administrasi akademik (SIAKAD) yang digunakan di STKIP Harapan Bima menggunakan PIECES Framework. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dari penelitian adalah 25 mahasiswa STKIP Harapan Bima. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala likert. Metode ini dilakukan dengan menyebarkan daftar pernyataan atau pertanyaan dimana hasilnya nanti kemudian diolah untuk mendapatkan nilai dari masing-masing domain pada PIECES Framework. Teknik analisis data yang digunakan dengan cara menentukan nilai rata-rata. Berdasarkan metode analisis kerangka kerja PIECES dalam mengevaluasi sistem informasi akademik STKIP Harapan Bima didapatkan nilai tingkat kepuasan responden mahasiswa dari masing-masing domain yaitu masuk pada predikat PUAS. Sistem informasi akademik berdasarkan kerangka kerja PIECES sudah mampu memberikan kepuasan kepada pengguna

Keywords


Kepuasan Mahasiswa; Sistem Administrasi Akademik; PIECES Framework

Full Text:

PDF

References


Ambiya, U. N. (2022). Analisis Penerimaan Mahasiswa Terhadap Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) UMTAS Dengan Technology Acceptance Model (TAM). Produktif : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, 5(2), 473–480. https://doi.org/10.35568/produktif.v5i2.1743

Dipraja, F., Fuadi, R. S., & Rachman, T. T. (2021). Implementasi Manajemen Risiko Sistem Administrasi Layanan Akademik Menggunakan Framework COBIT 5.0. INTERNAL (Information System Journal), 4(2), 137–146. https://doi.org/10.32627/internal.v4i2.395

Fira fathonah. (2020). sistem informasi, audit, cobit AUDIT SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1 ( STUDI KASUS UNIVERSITAS ARS BANDUNG). Jurnal Informatika Polinema, 6(3), 55–64. https://doi.org/10.33795/jip.v6i3.353

Lokapitasari Belluano, P. L., Indrawati, I., Harlinda, H., Tuasamu, F. A. ., & Lantara, D. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Pieces Framework. ILKOM Jurnal Ilmiah, 11(2), 118–128. https://doi.org/10.33096/ilkom.v11i2.398.118-128

Meilani, L., Suroso, A. I., & Yuliati, L. N. (2020). Evaluasi Keberhasilan Sistem Informasi Akademik dengan Pendekatan Model DeLone dan McLean. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 10(2), 137–144. https://doi.org/10.21456/vol10iss2pp137-144

Nuraeni, F., Setiawan, R., Nurhakim, W., & Mubarok, M. S. (2022). Sistem Informasi Akademik Berbasis Mobile Apps Sebagai Media Informasi Akademik Online. Jurnal Algoritma, 18(2), 358–366. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.18-2.951

Supriyatna, A., & Maria, V. (2017). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi DjpOnline Pelaporan Spt Pajak. Prosiding SNATIF, 4, 147–154.

Suryawan, M. B., & Prihandoko, P. (2018). Evaluasi Penerapan SIAKAD Politeknik Negeri Madiun Menggunakan Pendekatan TAM dan EUCS. Creative Information Technology Journal, 4(3), 233. https://doi.org/10.24076/citec.2017v4i3.113

Susilawati, A. D., & Subroto, S. (2022). KEPUASAN MAHASISWA ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pancasakti Tegal ). Jurnal Ekobis: Ekonomi, Bisnis & Manajemen, 12, 4–7.

Wibowo, S. A. (2005). Evaluasi Sistem Administrasi Akademik Mahasiswa Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Analisis PIECES Framework.

Widiati, W. (2018). Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dalam Penggunaan Sistem Informasi Akademik Menggunakan PIECES Framework (Studi Kasus : STMIK Nusa Mandiri kampus Depok). Jurnal Komputer Dan Informatika, 18(2), 81–88.

Yulsilviana, E., Yusnita, A., & Ridhuan. S, M. (2016). Sistem Informasi Administrasi Akademik Pada Baak Stmik Widya Cipta Dharma Samarinda Berbasis Web. Sebatik, 16(1), 26–33. https://doi.org/10.46984/sebatik.v16i1.77

Zulkhairi, Z. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Sevima Dalam Mengoptimalkan Mutu Layanan Akademik Perguruan Tinggi. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 4(1), 73–88. https://doi.org/10.47766/idarah.v4i1.839




DOI: https://doi.org/10.56842/infotika.v3i1.316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.