Upaya Peningkatan Pemahaman Membaca pada Siswa dengan Aplikasi Webtoon

Wanti Misnayanti, Zulfitria Zulfitria, Mohammad Deffanova

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan webtoon sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan minat dan pemahaman membaca pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan library research dengan fokus kajian dan analisis pada berbagai sumber, seperti artikel yang telah dipublikasikan dan dokumen lainnya. Tahapan pada library research ini terdiri atas penentuan tema, pencarian dan seleksi artikel, analisis artikel, dan penyajian dalam organisasi tulisan. Hasil kajian dengan pendekatan library research dapat disimpulkan bahwa Webtoon sebagai media pembelajaran memiliki berbagai fitur yang interaktif dan dapat memfasilitasi siswa dalam kegiatan membaca yang lebih menarik dan menyenangkan. Fitur yang terdapat pada Webtoon merupakan visualisasi yang menawarkan kombinasi gambar, huruf, tulisan, dan fitur lain yang dapat membantu siswa membaca dan memahami suatu cerita. Pada penggunaannya, Webtoon memiliki peluang sebagai media yang dapat membantu meningkatkan minat membaca siswa dengan cerita yang bersifat episodik, dengan demikian minat membaca yang berkelanjutan ini dapat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan membaca secara berkala


Keywords


Webtoon, Kemampuan Membaca, Siswa

Full Text:

PDF

References


Anggriani, Y. (2020). Pemanfaatan gadget dalam meningkatkan minat baca anak di keluarga. Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga, 10(2), 138-147.

Ariawan, V. A. N., Utami, N. T., & Rahman, R. (2018). Peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar melalui implementasi model CIRC berbantuan media cetak. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2).https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3529

Darmawanti, A. A. S. (2022). Aplikasi Webtoon Sebagai Media Pembelajaran Membaca. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(2), 201-209. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v11i2.773

Dewi, T. I. A., Triyadi, S., & Setiawan, H. (2022). Penggunaan Media Line Webtoon Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Purwasari. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 100-111. 10.24269/dpp.v10i1.4550

Karlinah, K., Nurhasanah, E., & Pratiwi, W. D. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Webtoon Terhadap Kemampuan Menulis Teks Drama (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMAN Teluk jambe Barat Karawang Tahun Ajaran 2022/2023). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 7181-7195. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2975

Meyliana, Z., Zakiah, L., & Sumantri, M. S. (2024). Efektivitas Webtoon “Gula-Gula” Terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Dan Pemahaman Tanda Baca Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 497-505.

Rafika, N., Kartikasari, M., & Lestari, S. (2020). Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 301 https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/1580

Suhada, D., Fauziyyah, S. G., Kurnia, M. D., & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Webtoon untuk Meningkatkan Minat Baca bagi Peserta Didik. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 1(2), 9-16. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v1i2.2870

Susanti, E. (2019). Penggunaan media webtoon dalam pembelajaran menulis naskah drama siswa kelas viii-4 smp pgri 1 ciputat tangerang selatan tahun pelajaran 2018/2019 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Wahyutiar, R., Noviadji, B. R., Bentri, S. A., & Gusnov, J. N. (2023). Penciptaan Komik webtoon sebagai sarana edukasi bagi remaja tentang perilaku berkomentar yang baik di media sosial. Artika, 7(1), 39-62. https://doi.org/10.34148/artika.v7i1.660




DOI: https://doi.org/10.56842/infotika.v3i1.300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.